Pekanbaru

Disperidag Pekanbaru Tegaskan Pedagang di Terminal Tipe C Payung Sekaki Harus Pindah Secepatnya

Kami tegaskan para pedagang harus pindah ke lokasi yang sudah ditetapkan. Kita tidak mengizinkan di tempat lain

Disperidag Pekanbaru Tegaskan Pedagang di Terminal Tipe C Payung Sekaki Harus Pindah Secepatnya
TRIBUN PEKANBARU/FERNANDO SIKUMBANG
Petugas Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru meninjau dan mengecek Terminal C Payung Sekaki yang ditempati para pedagang, Senin (13/5/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Para pedagang yang berada di areal Terminal Tipe C Payung Sekaki, Kota Pekanbaru menolak untuk keluar dari sana. Mereka enggan pindah ke lokasi baru pasca rencana pengosongan terminal itu.

Pemerintah Kota Pekanbaru menyediakan tempat berdagang baru bagi para pedagang yang berjualan di sana sejak tahun 2016. Mereka untuk sementara bisa berdagang di tepi jalan akses menuju terminal.

Posisi jalan itu di luar areal terminal dan tidak jauh dari Jalan Air Hitam. Mereka untuk sementara berada di sana menanti pembangunan pasar induk rampung.

"Kami tegaskan para pedagang harus pindah ke lokasi yang sudah ditetapkan. Kita tidak mengizinkan di tempat lain," tegas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut kepada Tribun, Rabu (15/5/2019).

Baca: Lokasi Baru tak Layak, Pedagang Terminal C Payung Sekaki Tolak Pindah

Baca: Pedagang Bertahan Meski Pengosongan Terminal Payung Sekaki Mulai, Dishub Pekanbaru Bakal Lakukan Ini

Menurutnya, para pedagang tidak diperkenankan membuka lokasi baru untuk bongkar muat komoditi. Ia menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah memberi izin di lokasi lainnya.

"Kami tidak pernah beri izin untuk buat lokasi baru di tempat lain. Jadi pedagang yang biasa di terminal kami imbau pindah ke tempat yang sudah direkomendasikan," ujarnya.

Sejumlah pedagang menilai lokasi baru untuk para pedagang jauh dari kata layak.
Ingot menegaskan bahwa lokasi yang ada saat ini sudah disepakati dalam pertemuan dengan para pedagang.

Lokasi yang merupakan lahan milik pemerintah daerah itu bisa jadi tempat aktivitas para pedagang. Intinya para pedagang bisa beraktivitas di sana untuk sementara.

"Kalau tidak layak, kan sudah disepakati. Namun para pedagang hanya sementara di sana, sembari menanti pasar induk rampung," terangnya.

Baca: Pedagang Bertahan Meski Pengosongan Terminal Payung Sekaki Mulai, Dishub Pekanbaru Bakal Lakukan Ini

Baca: Terminal C Dipenuhi Pedagang, Dishub Pekanbaru Sebut Mengganggu Parkir Bus TMP

Ada 217 yang kini berada di areal terminal. Ia mengimbau seluruh pedagang bisa segera pindah ke lokasi baru.

Terminal ini rencananya bakal difungsikan oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru sebagai pool bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). "Kami mengajak seluruh pedaganng bisa secepatnya pindah. Kalau bisa minggu ini," terangnya. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved