Ratusan Restoran Urus Izin Buka Selama Ramadan 1440 Hijriah

Jumlah pengelola yang mengurus izin ini sejak awal Ramadan diketahui sebanyak 147 pengelola.

Ratusan Restoran Urus Izin Buka Selama Ramadan 1440 Hijriah
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Sebuah spanduk rumah makan non muslim dipampang di rumah makan Jalan Setia Budi Pekanbaru, Selasa (7/5/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Ratusan pengelola restoran dan rumah makan non muslim yang sudah mengurus izin di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru harus mengurus izin bila ingin tetap buka pada siang hari saat Bulan Ramadan 1440 Hijriah.

Sesuai Instruksi Wali Kota Pekanbaru tentang kegiatan selama Ramadan, restoran atau rumah makan khusus non muslim tetap bisa buka selama Bulan Suci, tapi harus memasang spanduk bertuliskan restoran atau rumah makan bagi non muslim.

Mereka juga harus kantongi izin khusus dari pemerintah kota.

Adanya instruksi ini untuk menghormati suasana puasa di Bulan Ramadan.

Jumlah pengelola yang mengurus izin ini sejak awal Ramadan diketahui sebanyak 147 pengelola.

Jumlah ini turun dari jumlah pengelola restoran dan rumah makan non muslim yang mengurus izin serupa pada tahun lalu.

Saat itu jumlah pengelola rumah makan dan restoran non muslim yang mengurus izin untuk tetap buka saat bulan suci Ramadan mencapai 155 pengelola.

"Ada dua faktor penyebab turunnya jumlah pengelola yang urus izin. Ada yang mungkin tempat usahanya tutup, mungkin ada juga yang masih belum mengurus izin," jelas Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil kepada Tribun, Kamis (16/5/2019).

Pihaknya sejak awal sudah menganjurkan para pengelola restoran dan rumah makan non muslim untuk membuat spanduk di bagian luar tempat usahanya.

Spanduk itu juga berisi nomor izin dari DPMPTSP.

Ada juga imbauan agar orang muslim tidak masuk ke tempat itu saat puasa.

"Hasil pantauan kami di lapangan, mayoritas pengelola restoran dan rumah makan non muslim sudah mengurus izin," jelasnya.

Jamil menyebut pihaknya juga berkordinasi dengan Satpol PP Pekanbaru untuk menindak pengelola restoran dan rumah makan yang belum urus izin buka selama Ramadhan.

"Jadi yang tidak mengurus izin bakal ditindak langsung," tegasnya.(*)

Penulis: Fernando
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved