Berita Riau

Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang di Kantor Gubernur Riau Selama 5 Hari, Catat Tanggalnya

Selama seminggu penuh itu, masyarakat Pekanbaru diperkenankan menukar uang lama dengan uang baru untuk berbagai pecahan mulai dari nominal Rp 2.000

Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang di Kantor Gubernur Riau Selama 5 Hari, Catat Tanggalnya
Tribunpekanbaru.com/Hendri
Kepala Kantor BI Riau, Decymus (kanan) pada saat acara buka bersama media di Jalan Ronggo Warsito Pekanbaru, Jumat (17/5/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Menyambut hari raya idul fitri 1440 Hijriah, Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia (BI) Riau, ikut serta memberi kabahagiaan kepada masyarakat Riau, dengan berupaya membuka layanan penukaran uang baru di Kantor Gubernur Riau (Gubri), Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Kepala KPW BI Riau, Decymus pada acara buka bersama BI Riau dengan media di Jalan Ronggo Warsito Pekanbaru, Jumat (17/5/2019) mengungkapkan layanan penukaran uang itu dimulai pada hari Senin 20 Mei sampai hari Sabtu 25 Mei 2019. Mulai pukul 9 pagi sampai 12 siang setiap harinya.

Selama seminggu penuh itu, masyarakat Pekanbaru diperkenankan menukar uang lama dengan uang baru untuk berbagai pecahan mulai dari nominal Rp 2.000, sampai Rp.20.000, tanpa ada biaya administrasi.

Baca: Viral Video Uang Rp 50.000 Disiram Bensin untuk Buktikan Palsu, Ini Kata Bank Indonesia

"Supaya kebagian kita bagi dalam beberapa pecahan. Nominal Rp.20 ribu tidak ada batasannya. Untuk nominal Rp.10 ribu kita batasi 2 ban (satu ban 100 lembar) perorang, Rp.5 ribu 4 ban, dan Rp.2 ribu boleh 5 ban. Untuk uang logam silahkan langsung ke bank. Kalau ada bank yang tak mau lapor ke BI," ungkap Decymus.

Dirinya menyampaikan, pada acara penukaran bersama itu, penukaran dilayani oleh BI Riau dan 38 perbankan di Riau. Setiap harinya akan dilayani oleh 8 atau 9 bank.

BI tidak hanya melayani di penikaran di Pekanbaru, namun juga ke berbagai wilayah di Riau.

Penukaran di Rengat dilayani oleh cabang Bank BNI Cab Rengat, Dumai oleh BRI cabang Dumai, Pasir Pengaraian oleh Bank Riau Kepri (BRK), Selat Panjang BRK. Serta Rohil dan Bengkalis oleh BI Riau.

Baca: VIDEO: Kepala KPW Bank Indonesia Riau Ucapkan Selamat HUT Ke-12 Tribun Pekanbaru

Baca: VIDEO: Decymus Resmi Jabat Kepala Bank Indonesia Riau, Gantikan Siti Astiya

"Kami berpesan agar masyatakat tak menurkar sembarangan. Satu lagi, Pesan kami, hati-hati dengan uang palsu. Pemalsu biasanya beraksi malam hari. Pesan kami, kalau bisa siang hari, kita bisa pakai metode dilihat, diraba dan terawang," terangnya.

Sekedar informasi, BI Riau menyambut lebaran tahun ini menyiapkan total uang sebanyak Rp 5 triliun. Baik untuk penukaran bagi masyarakat, ataupun untuk jenis penarikan lainnya.

"Jadi total yang kita siapkan Rp 5 triliun. Termasuk untuk ke bank-bank. Bahkan bank-bank sudah mulai melakukan penarikan ke BI sejak awal ramadhan sebagai persiapan bagi Bank menyambut lebaran," ujarnya.

Terkait buka bersama BI Riau dan media berlangsung penuh kekeluargaan. Sekitar 20 orang awak media hadir menikmati jamuan buka bersama itu. Jelang berbuka kegiatan berlangsung dengan obrolan bersama semua pihak. (Tribunpekanbaru.com/Hendri Gusmulyadi)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved