Pilgubri 2013

Herman-Agus Siapkan 1 TPS Hingga 5 Orang Saksi

"Satu TPS di daerah daerah rawan kita siapkan sampai lima saksi," kata Herman

Herman-Agus Siapkan 1 TPS Hingga 5 Orang Saksi
dok/Tribun Pekanbaru
Herman Abdullah, calon Gubernur Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Calon gubernur Herman Abdullah-Agus Widayat (HA) menyiapkan sebanyak 11.700 saksi untuk mengantisipasi adanya potensi kecurangan pada pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Gubernur Riau putaran dua pada 27 November.

"Untuk daerah tertentu, bahkan kita siapkan saksi yang berlapis," kata Herman Abdullah usai acara silaturahmi pasangan cagub dengan Penjabat Gubernur Riau Djohermansyah Djohan di Lembaga Adat Melayu (LAM), di Pekanbaru, Selasa (26/11/2013).

Ia menjelaskan, belasan ribu saksi itu akan disebar di 11.669 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Riau. "Satu TPS di daerah daerah rawan kita siapkan sampai lima saksi," kata mantan Wali Kota Pekanbaru ini.

Menurut dia, setiap saksi dari tim HA mendapat honor Rp150 ribu per orang. Ia berharap tidak ada pemotongan dari tim sukses untuk para saksi. "Jangan ada honor saksi yang dipotong," tegasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menyatakan Pilkada Gubernur Riau harus dilangsungkan dalam dua putaran karena tidak ada satu pun calon gubernur meraih 30 persen suara. Pemungutan suara putaran pertama sudah dilangsungkan pada 4 September lalu.

Jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Riau 2013 mencapai 4.000.459 orang. Pada putaran pertama, partisipasi pemilih mencapai sekitar 60 persen.

Dua kandidat yang tersisa pada putaran dua adalah pasangan cagub HA yang akan bersaing dengan Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rahman. Cagub HA sebelumnya diusung sejumlah partai nonparlemen seperti Partai NasDem, PBB, Gerindra dan Partai Patriot.

Pasangan ini meraih sekitar 23 persen suara pada putaran pertama. Dukungan partai besar dari Partai Demokrat dan PAN baru didapatkan pada putaran dua. Sedangkan cagub Annas-Arsyadjuliandi (AMAN) diusung oleh Partai Golkar dan diusung oleh PPP. Mereka meraih 28 persen suara pada putaran pertama. Mereka memperoleh dukungan politik baru dari PKS dan PKB pada putaran dua. (Antarariau.com)

Tags
Pilgubri
Editor: harismanto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved