Pilgubri 2013

Nasib Lima Desa: Di Pileg Masuk Kampar, di Pilgub Masuk Rohul

Untuk Pilgub Riau putaran kedua yang diadakan pada 27 November 2013, pemilih di lima desa tersebut tetap berada di Rohul

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Lima desa yang telah diputuskan Mahkamah Agung tahun 2012 dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendari) pada 30 Mei 2013 akan masuk dalam wilayah Kabupaten Kampar, dalam pemilu legislatif yang bakal dilaksanakan 9 April 2014.

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara nasional untuk pemilu legislatif, lima desa itu sudah dipindahkan ke Kampar," ujar Ketua KPU Riau Edy Sabli di Pekanbaru, Selasa (26/11/2013).

Sementara, lanjut dia, untuk pemilihan gubernur (pilgub) Riau putaran kedua yang diadakan pada tanggal 27 November 2013, pemilih di lima desa tersebut tetap berada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kelima desa tersebut yakni Tanah Datar, Rimbo Jaya, Rimbo Makmur, Muara Intan dan Intan Jaya yang sempat jadi perdebatan karena belum jelas statusnya diantara dua kabupaten yakni Kampar dan Rokan Hulu.

Kemendagri telah membuat surat kepada gubernur Riau yang berisi memerintahkan gubernur Riau untuk melaksanakan amar putusan Mahkamah Agung, kemudian membatalkan surat materi dalam negeri tentang batas wilayah Kampar dan Rokan Hulu.

Lalu meminta kepada gubernur Riau untuk menetapkan tapal batas wilayah secara menyeluruh antara Kampar dan Rokan hulu.

KPU Riau, katanya, mengambil sikap melakukan pertemuan masyarakat lima desa dan meminta kepada masing-masing pemerintah daerah untuk memberikan bahan yang menjadi dasar atau fakta hukum dalam mempertimbangkan lima desa tersebut. (Antarariau.com)

Tags
Pilgubri
Editor: harismanto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved