Jaringan Kelompok ISIS

Presiden Perancis Nyatakan Siap Gelar Serangan Udara Lawan ISIS

Presiden Perancis Francois Hollande, Kamis (18/9/2014), memutuskan negeri itu siap menggelar serangan udara di Irak utara untuk menghadapi ISIS

Presiden Perancis Nyatakan Siap Gelar Serangan Udara Lawan ISIS
TAIEB MAHJOUB / AFP
Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian bersama Kepala Staf AU Uni Emirat Arab Letnan Jenderal Hamad Mohammed Thani Al-Rumaithi meninjau hangar pangkalan udara Al-Dhafra, UEA, Senin (15/9/2014). Dari pangkalan udara milik UEA ini, Perancis menggelar operasi pengintaian udara ke wilayah Irak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PARIS - Presiden Perancis Francois Hollande, Kamis (18/9/2014), memutuskan negeri itu siap menggelar serangan udara di Irak utara untuk menghadapi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Perancis akan bergabung dengan AS dalam menyediakan apa yang disebut Hollande sebagai "dukungan udara" untuk angkatan darat Irak dalam memerangi ISIS yang menguasai hampir separuh wilayah negeri itu.

"Saya memutuskan untuk merespon permintaan pemerintah Irak terkait dukungan udara," kata Hollande dalam sebuah jumpa pers di Paris.

Saat ini, Perancis hanya melakukan misi pengintaian udara di atas Irak yang dimulai sejak Senin lalu, berbarengan dengan gelaran konferensi internasional yang membahas masalah ISIS.

Dalam konferensi itu sekitar 30 negara dan organisasi internasional yang hadir sepakat akan mendukung Irak dengan cara apapun jika diperlukan termasuk bantuan militer .

Perancis juga memberikan bantuan senjata untuk pasukan Kurdi yang memerangi ISIS dan Hollande memuji pasukan Kurdi yang menurutnya sudah menggunakan senjata-senjata itu dengan sangat baik.

Meski akan ikut menggelar serangan udara di Irak, Hollande menegaskan Perancis tidak akan terlibat operasi militer di Suriah, di mana ISIS juga menduduki wilayah yang cukup luas.

Tags
ISIS
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved