Breaking News:

Ibadah Haji 2014

Garuda Larang Jamaah Haji Bawa Air Zamzam

Ratusan botol dan jerigen berbagai ukuran yang berisi air zamzam disita dari koper jamaah haji Indonesia.

Editor: Muhammad Ridho
Media Center Haji 2014
Petugas sedang merazia botol dan jeriken berisi air zamzam dari koper jemaah haji. Tujuannya untuk menghindari kemasan botol atau jeriken yang tak sesuai standar bocor dan membasahi pesawat. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Kholish Chered dari Jeddah

TRIBUNPEKANBARU.COM, JEDDAH - Ratusan botol dan jerigen berbagai ukuran yang berisi air zamzam disita dari koper jamaah haji Indonesia.

Botol-botol itu menggunung di depan kantor kargo Garuda Indonesia. Maskapai pelat merah ini punya alasan sendiri kenapa melarang jemaah membawa zamzam sendiri.

Unit Corporate Security Garuda Indonesia Cecep Ramdani menuturkan, meski kandungan air zamzam aman, namun dari sisi keselamatan penerbangan bisa membahayakan.

"Bukan kami tidak suka jemaah membawa air zamzam, tetapi prosedurnya salah sebab mereka kan sudah dapat jatah," kata Cecep di kantor kargo Garuda Indonesia di daerah Mahdinatul Hujaj, Jeddah, Sabtu (17/10/2014).

Botol-botol atau jerigen yang diselipkan jemaah di koper biasanya dikemas tidak sesuai standar penerbangan, sehingga dikhawatirkan bocor. Inilah sebenarnya yang ditakutkan pihak maskapai.

"Yang kita khawatirkan adalah yang ukuran besar dan kalau dibawa setiap jemaah bisa membahayakan keselamatan penerbangan juga," kata Cecep.

Kalau ukuran besar dan banyak, rembesan air zamzam dikhawatirkan bisa membasahi body pesawat, sehingga menimbulkan korosi (karat) atau terkena kabel-kabel listrik.

"Ini yang dimaksud bisa membahayakan penerbangan, jadi sekali lagi bukan karena kita nggak suka jemaah bawa zamzam sendiri," kata dia.

Karenanya, Cecep mengimbau kepada seluruh jemaah haji Indonesia yang pulang dengan maskapai Garuda Indonesia agar menaati aturan tidak membawa zamzam. "Garuda sudah menyiapkan zamzam buat jemaah, satu jemaah lima liter," kata dia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved