Breaking News:

Kuliner Riau

Sedap Nian. Gulai Ikan Salai Semalam Pakai Kincung

Ikan salai semalam ini cuma ada di Rokan Hulu. Beda salainya lebih fresh karena buatnya hanya satu malam.

Tribun Pekanbaru/Vina Dwinita
Gulai Ikan Salai Semalam Khas Rokan Hulu 

PEKANBARU, TRIBUNPEKANBARU.COM - Provinsi Riau memiliki beragam makanan khas berasal dari berbagai daerah di kabupaten/kota Bumi Lancang Kuning ini.

Berbagai makanan khas tersebut terbagi dalam kategori kue basah, kue kering, makanan setengah berat/makanan sepinggan, masakan dan minuman.

Kali ini TRIBUNPEKANBARU.COM membahas makanan khas dari Rokan Hulu. Ada banyak menjadi khasnya antara lain kue basah, seperti kenan sirat, sri kaya labu cino, buah prio, itak sampan, buah inai.

Kue kering antara lain sagun baka, kue bijan, gurindam ubi, kue kariang bungo durian. Makanan sepinggan seperti anyang pangkek dan urap.

Masakan seperti gulai lingkitang labu cino, kacang ijau dengan ikan salai, kokek asam durian, asam padeh taleh, pukasam, gulai pangkek ikan bada, gulai salai semalam dan lain-lain.

Gulai salai semalam misalnya. Gulai dicampur dengan daun ubi ini memang sudah biasa bagi kita masyarakat Riau pada umumnya.

Menu ini biasa kita jumpai baik di rumah makan maupun anda memasaknya sendiri di rumah. Namun, yang menjadi khas dan beda gulai salai ini adalah salainya. Salai semalam hanya ada di Rokan Hulu.

“Ikan salai semalam ini cuma ada di Rokan Hulu. Beda salainya lebih fresh karena buatnya hanya satu malam. Kalau yang biasa itu kan lebih kering, karena buatnya beberapa hari kering dan keras. Sedangkan salai semalam masih lembut,” ujar Ratna, warga Rokan Hulu, sudah lama berdomisili di Pekanbaru ini kepada Tribun.

Tidak hanya itu, salai semalam ini juga daya tahannya tidak lama beda jika dibandingkan dari salai biasa.

Memang proses pembuatannya harus dibakar dulu ikannya kemudian disiram dengan air panas baru disalai. “Salai semalam ini harus cepat kita masaknya kalau lama-lama gak enak juga. Ia juga lebih fresh karena dikeringkan alias disalaikan sebentar,” kata Ratna.

Halaman
12
Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved