Breaking News:

Kuliner Riau

Inilah Masakan Kampong yang Menggugah Selera, Gulai Putih Jantung Pisang

Misalnya gulai pisang, jantung pisang masak putih, gulai jantung pisang, gulai cendawan, pais ikan pantau dan lain-lain

Tribun Pekanbaru/Vina Dwinita
Gulai Putih Jantung Pisang 

PEKANBARU, TRIBUNPEKANBARU.COM - Bosan dengan makanan ala western? Anda pasti kangen dengan makanan-makanan khas Melayu rasa kampong.

Barangkali orangtua, atau nenek Anda pernah menyajikannya dulu. Namun kini, sudah jarang disajikan untuk keluarga karena lebih familiar dan bangga dengan makanan dari daerah atau bahkan Negara lain.

Ada berbagai makanan kampung pastinya menggugah selera dan mudah didapat bahannya.

Misalnya gulai pisang, jantung pisang masak putih, gulai jantung pisang, gulai cendawan, pais ikan pantau dan lain-lain.

Makanan ini khas sekali tradisional melayunya dan anda patut merasakannya. Satu di antara yang menyajikan menu-menu Melayu tradisional ini adalah Rumah Makan Gurindam di Jalan Jenderal Sudirman.

Pemilik RM Gurindam, Diana Razak kepada Tribun belum lama ini mengatakan, ia ingin mengembangkan masakan Melayu tradisional Riau yang jarang didapatkan di tempat lain.

“Awalnya resep-resep menu ini adalah resep dari nenek kami. Kemudian ditambah rekomendasi dari teman-teman makanan kampong resep dari orangtua maupun nenek mereka,” ujar Diana.

Ia mengakui, sebagai warga Riau ia merasa terpanggil menyajikan makanan Melayu tradisional ini dengan harga relatif terjangkau banyak kalangan. Bahannya mudah didapat dan bisa masuk juga ke selera selain orang Riau.

“Yang makan di sini tidak hanya orang asli Riau, tetapi ada juga dari Negara tetangga Malaysia dan lainnya yang sudah menjadi langganan makan di sini. Ini membuktikan makanan kita digemari juga oleh Negara lain,” katanya.

Menu menjadi andalan adalah pais ikan pantau. Ikan dengan tekstur kecil-kecil ini dibumbui dengan bumbu gulai kemudian ditambah dengan parutan kelapa lalu dikukus.

Halaman
1234
Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved