Breaking News:

Kuliner Riau

Pasti Air Liur Anda Netes saat Nikmati Sambal Lado Jengkol Bakar

Kemudian untuk variasi sambalnya juga ada beberapa macam. Antara lain sambal kincung, terasi terung, nenas, sambal hijau dan aneka sambal lainnya.

Tribun Pekanbaru/Vina Dwinita
Sambal Lado Jengkol Bakar 

PEKANBARU, TRIBUNPEKANBARU.COM - Bagi Anda penikmat jengkol, ada beberapa kreasi jengkol bisa dilakukan.

Selain sambal dan gulai jengkol biasa ditemukan, juga ada kreasi dari Ida, warga Pekanbaru. Kreasi tersebut sambal lado jengkol bakar.

Untuk membuatnya tidak sulit. Jengkol direndam dengan air untuk meminimalisir baunya.

“Rendamnya semalaman. Malam ini direndam untuk dimasak besok. Paginya akan keluar buih-buih itu adalah gas yang menjadi sumber baunya,” jelas Ida.

Untuk membuatnya sambal diulek seperti biasa dengan campuran bawang merah dan bawang putih.

Sementara itu jengkolnya dibakar lalu dicampur dengan sambal sudah diulek. Kemudian baru disiram dengan minyak tanak atau minyak sudah digunakan dan panas. “Terakhir baru diberi jeruk nipis sesuai selera,” katanya.

Kemudian untuk variasi sambalnya juga ada beberapa macam. Antara lain sambal kincung, terasi terung, nenas, sambal hijau dan aneka sambal lainnya.

Ada juga sambal lado tumbuk ikan salai bakar. Ida menceritakan, ikan salai yang digunakan adalah ikan salai selais karena rasanya lebih enak dan lebih garing.

“Cabenya digiling serta bawang merah dan bawang putih kemudian dimasukkan ikan salai yang sudah dibakar. Kemudian ditumbuk bersama cabenya. Lalu diperaskan air jeruk nipis. Jadi tekstur sambalnya digiling kasar bersama ikan salainya tersebut,” terang Ida. (vina dwinita)

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved