Kekuatan Gempa Nepal Setara Ledakan 20 Bom Atom

Nepal telah dihantam sejumlah gempa Bumi di mana lokasi itu dekat gunung tertinggi di dunia, Everest, tapi bencana kali ini, merupakan gempa terbesar-

Kekuatan Gempa Nepal Setara Ledakan 20 Bom Atom
Kompas.com/AP Photo
Warga menyaksikan tim SAR bekerja di pusat bangunan permukiman yang runtuh diamuk gempa berkekuatan 7.9 SR di Kathmandu, Nepal, 26 April 2015. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PALMERAH -- Nepal telah dihantam sejumlah gempa Bumi di mana lokasi itu dekat gunung tertinggi di dunia, Everest, tapi bencana kali ini, merupakan gempa terbesar yang terjadi dalam kurun 80 tahun.

Sebagaimana diulas Independent, dengan kekuatan gempa sebesar 7,8 itu, maka pakar menggambarkan, kekuatannya setara dengan 20 bom hidrogen thermonuklir, yang dalam skalanya, ukurannya lebih besar dari bom yang dijatuhkan di Hiroshima.

Kekuatannya dapat dirasakan ratusan mil dari lokasi gempa itu. Dimana setelah itu diikuti dengan gempa susulan dengan magnitude sebesar 6,6, dan lebih dari 20 kali gempa susulan setelah itu.

Nepal memang rawan terkena gempa karena posisinya terletak di antara dua lempengan tektonik yang menekan Everest dan sebagian pegunungan Himalaya.

Sementara itu, ada sebuah pola rahasia dalam sejumlah peristiwa gempa yang menghantam Nepal sepanjang sejarah.

Pola itu terbentuk dari aktivitas patahan utama di Nepal dengan jarak aktivitas sekitar 80 tahun.

Laurent Bollinger dari Lembaga Riset Nuklir Sipil Perancis (CEA) mengungkap pola rahasia dalam gempa Nepal itu lewat penelitiannya bulan lalu.

Hasil penelitian dipaparkan dalam pertemuan Nepal Geological Society, dua minggu sebelum gempa Nepal pada Sabtu (25/4/2015).

Bollinger dan rekannya masuk ke hutan belantara di Nepal, menggali palung di sekitar patahan utama di negara itu, yang memanjang 1.000 kilometer dari barat ke timur, di tempat di mana patahan bertemu dengan permukaan Bumi.

Menggunakan fragmen arang yang terbakar, Bollinger dan rekannya berupaya mendeteksi waktu terakhir patahan itu menggeliat.

Halaman
123
Tags
Nepal
Gempa
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved