FOTO: Masyarakat Kathmandu Gelar Kremasi Massal Pasca Gempa

Masyarakat di Kathmandu menyelenggarakan upacara pembakaran mayat besar-besaran bagi korban yang tewas dalam bencana gempa bumi

FOTO: Masyarakat Kathmandu Gelar Kremasi Massal Pasca Gempa
AFP/Getty Images
Tiga hari setelah gempa yang terjadi Sabtu (25/4/2015), kremasi massal tak henti-hentinya dilaksanakan di tepi Sungai Bagmati di Kota Kathmandu, Nepal. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Masyarakat di Kathmandu menyelenggarakan upacara kremasi besar-besaran bagi korban yang tewas dalam bencana gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter Sabtu pagi (25/4/2015).

Seperti dilansir Daily Mail, kremasi massal bertempat di tepian Sungai Bagmati, yang membelah ibukota Nepal tersebut. Hampir di setiap tempat luang di pinggir sungai dijadikan tempat kremasi.

Gumpalan asap putih berbau menyengat mengambang di atas Kota Kathmandu. Ratusan jenazah diletakkan di atas tumpukan kayu bakar. Pembakaran tiap-tiap mayat membutuhkan sekitar 250 kilogram kayu.

Keluarga-keluarga yang kehilangan anggota mereka menangis dan memberikan penghormatan perpisahan sesuai tradisi Hindu. Sejumlah mayat anak-anak dibungkus dengan kain berwarna oranye dan emas.

Kuil suci Pashupatinath di kota itu tak mampu lagi menampung banyaknya mayat. Karena itu, masyarakat boleh melakukan upacara terakhir semampu mereka tanpa harus mengikuti ritual seperti biasanya, demikian dikatakan seorang saksi ada IANS dan dilansir Daily Mail.

Dari data terbaru hingga Selasa pagi (28/4/2015), jumlah korban tewas lebih dari 4.000 orang. Angka itu berkemungkinan terus bertambah.

Penulis: Ariestia
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved