Ini Cara untuk Menjadi Orang yang Selalu Optimis

Optimis membuat fisik (juga mental) menjadi sehat.

Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Jadi orang itu harus optimis! Pernyataan itu kerap dilontarkan oleh sejumlah orang terlebih saat berhadapan dengan sebuah masalah atau kesulitan. Bukan semata-mata untuk membesarkan hati saja. Ada dampak positif lain dibalik menjadi orang optimis tersebut. Yang paling nyata, optimis membuat fisik (juga mental) menjadi sehat.

Sebenarnya, orang optimis itu ada di sekeliling. Anda pun sebenarnya tahu orang-orang tersebut, cuma, kadang-kadang tidak 'kelihatan' saja.

Contoh paling mudahnya, di saat rekan kerja asyik mengobrol dan kemudian tangannya menyenggol cangkir berisi cokelat hangat di kemeja putihnya, mereka tidak ambil pusing dengan hal tersebut. Atau, ketika teman kantor membuat kecerobohan sewaktu melakukan presentasi di rapat pagi, suasana hatinya tetap oke ketika Anda mengajaknya makan siang.

Ajaib? Tidak juga! Menurut Melissa Blakeman, MD, direktur medik regional Johns Hopkins University, orang-orang tersebut hanya menggunakan perilaku yang memperkuat mental positif mereka.

Kalau tergolong orang yang mudah pesimis, ada baiknya mulai melakukan hal-hal berikut yang dipraktikkan oleh orang-orang positif dalam menumbuhkan rasa optimisnya.

Buat ritual menenangkan. Dalam hidup, ada kalanya menghadapi kejadian penuh tekanan. Nah, orang positif tahu cara mengatasi kecemasan yang dialami dengan cara sehat melalui olah raga maupun meditasi.

Studi telah menunjukkan bahwa olah raga maupun meditasi dikaitkan dengan suasana hati yang lebih bahagia. "Aktivitas seperti olah raga dan meditasi, membantu mempertahankan perilaku positif dan membuat Anda berpikir lebih jernih," terang Blakeman. Dan ketika kebiasaan positif itu menurun, Blakeman setidaknya merasakan bahwa dirinya lebih sulit melalui tekanan yang dialami hari itu.

Manfaatkan sisi positif untuk setiap tantangan yang dihadapi. Riset yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology menjumpai bahwa menanamkan pikiran optimis dapat membantu mengatasi tantangan hidup dengan gembira. Yang pada akhirnya, berpotensi membawa Anda menjadi lebih sejahtera.

Masalahnya akan berlalu. Tidak ada seorang pun yang bisa kebal terhadap kerasnya kehidupan. Bahkan pada orang optimis sekalipun. Kuncinya ada pada pikiran tetap positif dengan tetap berpijak pada kenyataan yang ada.

"Ada banyak tantangan yang dialami. Orang positif mendekatinya dengan mentalitas 'ini juga akan berlalu'. Ini menjadi gambaran bahwa mereka pernah melalui tantangan sebelumnya dan berhasil melaluinya,"lanjut Blakeman.

Halaman
12
Editor: Ariestia
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved