Mansyur tak Setuju Larangan Mengaji Kaset di Masjid Diterapkan di Riau

'Saya tidak setuju kalau itu pelarangan. Antara orang mengaji langsung atau orang mengaji melalui kaset'

Mansyur tak Setuju Larangan Mengaji Kaset di Masjid Diterapkan di Riau
AP Photo
Ilustrasi Mengaji 

Laporan Wartawan tribunpekanbaru.com: Alee Kitonanma

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Usulan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang juga sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), terkait larangan pengurus masjid memutar kaset mengaji di masjid, menurut anggota DPRD Riau dari PKS, Mansyur HS hal tersebut sebaiknya jangan terjadi.

Mansyur mengatakan kalau dirinya tidak setuju jika nantinya pemutaran kaset mengaji direalisasikan dan diterapkan termasuk di Riau. Menurutnya, kaset mengaji dan orang mengaji bagi yang mendengarkan sebenarnya adalah sama manfaatnya, dan tidak ada yang berbeda. Dikatakannya, kalau itu menjadi pelarangan, ia yakin akan banyak masyarakat yang kecewa.

“Saya tidak setuju kalau itu pelarangan. Antara orang mengaji langsung atau orang mengaji melalui kaset, bagi orang yang mendengarkan tidak ada bedanya, sama saja. Apakah nanti orang mengaji akan dilarang juga,” ujar Mansyur, Jumat (12/6).

Bagi dirinya sendiri, menurut Mansyur bunyi-bunyian dari masjid, baik kaset atau orang mengaji sudah menjadi kebutuhan yang setiap hari didengarkan. Demikian juga bagi masyarakat di sekitarnya juga seperti itu. Bahkan kalau dirasa masih kurang, ia menghidupkan radio untuk mendengarkan orang mengaji.

“Kalau misalnya dari masjid lagi tidak ada suara mengaji, saya biasanya hidupkan radio cari siaran untuk dengarkan orang mengaji,” ulasnya.

Dalam keluarganya, menurut Mansyur hal itu juga diterapkan kepada anak-anak dan keluarganya. Sehingga suara orang melantunkan ayat-ayat Al-Quran sudah menjadi kebutuhan dalam keluarganya, tak peduli apakah itu orang mengaji yang diputar dengan kaset atau pun orang mengaji secara langsung.

“Bagi kami, kalau sehari saja tidak membaca atau mendengarkan bacaan Al-Quran, terasa sangat kering. Ayat-ayat Al-Quran seperti menjadi siraman bagi rohani,” imbuhnya. (*)

Penulis: Alex
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved