KPI Hentikan Program TV Ini Gara-gara Tayangkan Kasus Anak Deddy Mizwar

Program ini ditayangkan di Trans TV. Program tersebut menayangkan wawancara Rara, yang diberitakan memiliki hubungan khusus dengan Fikar

KPI Hentikan Program TV Ini Gara-gara Tayangkan Kasus Anak Deddy Mizwar
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Presenter sekaligus pemain film Feni Rose saat ditemui pada acara syukuran film Quantum Saint Misteri di Kantor Light On Production, Jakarta Selatan, Jumat (19/6/2015). Film ini merupakan film percampuran dari beberapa genre yaitu horor, triller, science fiction dan drama.. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi penghentian sementara program acara "Insert Pagi” dan "Rumpi No Secret". Program ditayangkan di Trans TV.

Hasil rapat pleno komisioner KPI Pusat tanggal 24 Agustus 2015 memutuskan “Insert Pagi” dihentikan selama 2 (dua) hari penayangan berturut-turut mulai tanggal 7 sampai 9 September 2015.

Adapun sanksi penghentian sementara pada program siaran Rumpi No Secret ditetapkan selama 5 (lima) hari penayangan berturut-turut mulai Tanggal 7 hingga 11 September 2015.

Apa alasan tayangan ini diberi sanksi?

Dari keterangan yang dikutip Tribunnews.com dari situs KPI, KPI menemukan pelanggaran dalam program “Insert Pagi” pada tanggal 5 Agustus 2015 pukul 06.31 WIB.

Program tersebut menayangkan wawancara Riana Rara Kalsum (Rara), yang diberitakan memiliki hubungan khusus dengan Zulfikar Rakita Dewa (Fikar), anak Deddy Mizwar.

Wawancara tersebut memuat pernyataan Rara terkait rencana pernikahan Fikar dan hal-hal lain yang sifatnya sangat pribadi, antara lain surat izin menikah diperkirakan belum diperoleh oleh Fikar hingga pernyataan Rara mengenai Fikar yang tidak mencintai Nefita.

Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas ketentuan tentang penghormatan hak privasi, perlindungan anak-anak dan remaja serta penggolongan program siaran.

KPI Pusat memutuskan bahwa program tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012.

Sejumlah pasal dilanggar. Antara lain pasal 13, Pasal 14, dan Pasal 21 Ayat (1).

Halaman
1234
Tags
KPI
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved