Ingin Hentikan Kebiasaan Makan Tengah Malam? Pakai Enam Cara Ini

Makan atau ngemil di tengah malam akan memberikan efek buruk bagi tubuh, karena pada malam hari metabolisme sangat rendah.

Ingin Hentikan Kebiasaan Makan Tengah Malam? Pakai Enam Cara Ini
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dengan melakukan olahraga, namun juga dengan menjaga pola makan. Sebagian orang masih sering makan malam lewat dari jam seharusnya. Makan atau ngemil di tengah malam akan memberikan efek buruk bagi tubuh, karena pada malam hari metabolisme sangat rendah sehingga dapat menaikan berat badan. Dilansir Magforwomen.com, untuk menghentikan kebiasaan makan di tengah malam, cobalah dengan enam langkah berikut ini:

1. Dapatkan makanan yang cukup sepanjang hari

Agar terhindar dari lapar di tengah malam, kita harus mendapatkan makanan yang cukup di siang hari. Jangan mengontrol rasa lapar di siang hari, karena hal itu tidak ada gunanya. Lebih baik makan banyak di siang hari daripada di malam hari, namun jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang sehat, ya!

2. Sediakan makanan ringan yang sehat

Jika kita benar-benar kehilangan kontrol atau terlambat makan malam, cobalah untuk mengonsumsi makanan ringan yang sehat, seperti buah atau produk cemilan nol kalori. Dengan adanya persediaan makanan ringan yang sehat akan membuat kita terhindar dari asupan junk food atau makanan berkalori lainnya.

3. Minum air yang banyak

Minum segelas air atau secangkir teh herbal akan membuat kita merasa lebih kenyang dan akan menahan keinginan kita untuk makan. Mengonsumsi air juga dapat membantu menghindari makanan yang berlebih ketika kita sedang makan.

 4. Makan dalam porsi kecil

Dalam tahap belajar untuk menghindari makan di tengah malam, jika kita benar-benar masih ingin makan, konsumsilah sedikit saja dari porsi makanan tersebut. Dengan cara ini, paling tidak kita mendapatkan rasa dari makanan tersebut. Jangan makan dalam porsi yang besar karena akan memberik efek jelek pada kesehatan tubuh.

5. Mengalihkan perhatian dengan melakukan hal lain

Untuk menghindari makan di tengah malam, cobalah untuk mengalihkan perhatian dengan melakukan hal yang kita sukai agar tidak terfokus pada lapar atau keinginan ngemil, misalnya memecahkan teka-teki silang, membaca artikel menarik atau membaca buku. Kesibukan yang kita kerjakan akan membuat kita lupa dengan keinginan makan, setelahnya kita akan lelah dan kemudian memilih untuk tidur.

6. Tidur lebih awal

Jangan biasakan diri untuk terjaga hingga larut malam, lebih baik tidur lebih awal. Semakin larut kita tidur, potensi untuk lapar dan makan akan semakin besar. Oleh karena itu, sebaiknya biasakan untuk tidur tidak larut malam. Satu atau dua jam setelah makan malam adalah waktu yang baik untuk tidur, karena tubuh akan menangkap tidur yang lebih baik ketika kita merasa kenyang. Ini juga akan menghindari kita dari keinginan makan makanan lainnya.

Apakah Anda masih sering makan di tengah malam? Nah, mulai sekarang, hentikan kebiasaan makan di tengah malam dengan enam langkah di atas! (Intisari/Tribunnews)

Editor: Ariestia
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved