Buku Sejarah Melayu Tersedia di Bandara SSK II

Buku yang berjumlah 647 halaman ini memperlihatkan Kemaharajaan Melayu yang bermula dari Bukit Siguntang.

Buku Sejarah Melayu Tersedia di Bandara SSK II
Tribunpekanbaru/Sari Rezeki
Calon penumpang tampak sedang melihat-lihat buku yang berada di rak Stand Kompas Gramedia Corner, Minggu (18/10/2015). Para penumpang menikai keberada pameran ini sangat langka di Bandara-bandara Indonesia. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kompas Gramedia (KG) Corner yang berlokasi di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II menghadirkan buku berjudul Sejarah Melayu karya Ahmad Dahlan. Menurut Staff KG Corner Nova, buku berisikan sejarah bangsa dan Kemaharajaan Melayu yang cukup komprehensif.

Menurutnya, buku yang berjumlah 647 halaman ini memperlihatkan Kemaharajaan Melayu yang bermula dari Bukit Siguntang. Kemudian meluas sampai ke Tanah Semenanjung, Kepulauan Riau dan Riau, serta kawasan lain.

"Harga buku ini Rp120 ribu. Yang membeli buku ini tidak akan rugi. Karena dapat mengetahui sejarah Melayu. Kami sengaja menyediakan ini, karena tema disini mengangkat The Homeland of Melayu," kata Nova, Rabu (21/10/2015).

Pada buku yang berwarnai hijau dan kuning ini juga menceritakan perlawanan bangsa Melayu terhadap penjajah di masa lampau. Seperti Laksamana Hang Nadim dan Raja Haji Fisabilillah yang membuktikan bangsa ini berani mati demi membela kedaulatan, harkat, dan martabatnya. Selain itu, dalam buku ini juga akan dijabarkan bagaimana kaum cen­de­kiawan Islam di Pulau Penyengat yang menentang Belanda melalui pemikiran yang bernas dan jernih, diikuti hubungan diplomasi de­ngan bangsa maju di masa itu seperti Turki dan Jepang. Hal ini membuktikan bangsa Melayu juga memilih jalan cerdas dalam memperjuangkan kedaulatan negerinya.

"Buku ini dapat dibaca untuk semua kalangan. Baik dari anak kecil hingga orang dewasa. Karena berisi pengetahuan sejarah yang asa di Riau," tuturnya.

Penulis:
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved