Hati-hati Pakai Tetes Mata, Perhatikan Hal Ini

Ada beberapa aturan yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan tetes mata.

Hati-hati Pakai Tetes Mata, Perhatikan Hal Ini
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Tetes mata adalah pengobatan yang dipakai untuk mereka yang menderita infeksi mata, orang yang baru menjalani operasi mata, menderita glaukoma, atau mengalami masalah mata kering.

Memang ada berbagai gangguan pada mata yang bisa diatasi dengan obat tetes mata. Obat mata biasanya dijual secara bebas di toko obat atau apotik. Padahal, jika digunakan tidak tepat efeknya bisa berbahaya.

Ada beberapa aturan yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan tetes mata.

- Jangan meneteskan terlalu banyak
Ketika menggunakan tetes mata, disarankan untuk meneteskan satu per satu. Teteskan dikit demi sedikit ke dalam mata agar bekerja dengan sempurna.

- Tidak sekaligus
Jika diberikan resep untuk menggunakan obat tetes mata yang berbeda, tunggu sampai 6 jam sebelum menggunakan tetes mata yang lain. Jika sekaligus, akan berdampak buruk pada mata.

- Sesuaikan dosis
Perhatikan jumlah dosis pemakaian sebelum menggunakan tetes mata. Terlalu jarang atau terlalu sering akan mempengaruhi pengobatan. Disarankan untuk mempunyai grafik untuk menandai setiap kali memakai tetes mata.

- Perhatikan tanggal kadaluarsa
Penting untuk memeriksa tanggal kadaluarsa sebelum membeli tetes mata. Selain itu, simpan tetes mata ditempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

- Rutin periksa mata
Jika Anda mempunyai masalah pada mata, periksalah ke dokter secara teratur. Hal ini dilakukan untuk melancarkan pengobatan.

- Jangan tangani sendiri
Jika menyadari ada yang salah dengan mata Anda, jangan menangani sendiri. Segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

- Teteskan dengan tepat
Teteskan obat di mata bagian tengah dan tidak di samping atau di ujung mata. Hindari mengedipkan mata terlalu cepat setelah pemakaian agar air tetes mata tidak keluar. (*)

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved