Layanan SIM Online

Layanan SIM Online akan Diluncurkan 6 Desember di Areal CFD Pekanbaru

Dit Lantas Polda Riau dan Sat Lantas Polresta Pekanbaru akan meluncurkan SIM online di area Car Free Day Jalan Gajahmada, Pekanbaru, Minggu (6/12/2015

Layanan SIM Online akan Diluncurkan 6 Desember di Areal CFD Pekanbaru
Foto/net
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dit Lantas Polda Riau dan Sat Lantas Polresta Pekanbaru akan meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) online di area Car Free Day Jalan Gajahmada, Pekanbaru, Minggu (6/12/2015).

Program SIM online yang diluncurkan serentak di 34 provinsi itu bertujuan untuk memaksimalkan teknologi yang ada saat ini dalam rangka mewujudkan pelayanan prima.

"Untuk di Pekanbaru pelaksanaan Launching SIM Online akan dilaksanakan di area car free day Jalan Gajahmada," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru Kompol Zulanda, SIK, seperti yang dimuat di Satlantasrestapku.blogspot.co.id

Dia mengakui masih ada warga yang tidak mengetahui perkembangan teknologi. Namun, lanjutnya, kepolisian akan tetap memfasilitasi ‎dengan memberikan pendampingan kepada masyarakat.

"Sebenarnya ini sudah berjalan dengan difasilitasi teknologi yang ada tapi launchingnya nanti serentak pada 6 Desember 2015 oleh Presiden RI Joko Widodo," kata dia.

SIM online ini lanjut Zulanda, hanya diperuntukkan pengurusan perpanjangan masa berlaku penggunaan SIM bukan untuk pengurusan baru penerbitan SIM.

"Jadi contohnya ada seorang warga pendatang di Pekannbaru yang SIM nya diterbitkan di daerah lain sementara itu masa berlakunya sudah mau usai, maka bisa memanfaatkan program SIM online ini," jelas Kasat Lantas.

Sementara, Kepala Kepolisian Resort Kota (Kapolresta) Pekanbaru, Kombes Pol Drs. Aries Syarief Hidayat, MM mengakui sangat mendukung program nasional tersebut.

"Kita tentu mendorong agar launching itu berjalan dengan baik. Polresta Pekanbaru sendiri sudah sangat siap," kata dia.

Dalam pengurusan SIM baru saja di wilayah kota Pekanbaru, lanjut Aries sudah menggunakan sistem online.

"Jadi mereka (warga) yang ingin mengurus SIM baru wajib datanya terintegritasi dengan data yang dimiliki Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Pekanbaru, kalau tidak maka akan menjadi hambatan dalam pengurusan penerbitan SIM baru yang diurusnya," ujar Kapolresta. (nto)

Penulis: harismanto
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved