Jangan Sepelekan Handuk Kotor, Ini Akibatnya Bila Tidak Rutin Dibersihkan

Setiap orang memiliki handuk, perlengkapan paling penting setelah mandi.

Jangan Sepelekan Handuk Kotor, Ini Akibatnya Bila Tidak Rutin Dibersihkan
Paul Reynolds/Flickr
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Setiap orang memiliki handuk, perlengkapan paling penting setelah mandi. Karena selalu bersentuhan dengan badan dan lembab, handuk menjadi sasaran empuk bersarangnya kuman.

Untuk itu kebersihannya harus tetap dijaga agar tidak memberikan dampak buruk bagi kulit.

Handuk harus rutin dicuci agar tetap bersih. Namun seringkali kita menunda-nunda hal itu karena alasan kesibukan. Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan.

Mengapa? Handuk kotor dapat menyebabkan infeksi kulit, atau tempat tumbuh kembangnya jamur dan kuman.

Apa dampak terburuk yang bisa terjadi? Bila infeksi kuman makin parah, Anda bisa masuk ICU. Hal itu mungkin saja terjadi, tapi memang susah dipercaya.

Susan Whittier PhD, direktur bagian pelayanan mikrobiologi klinis di Columbia University Medical Center mengatakan meski tubuh anda sudah bersih setelah mandi, Anda masih mungkin menularkan bakteri kulit ke handuk. Bakteri itu terus berkembang makin banyak dari hari ke hari.

Sebagian besar, mengeringkan kulit dengan handuk memang tidak akan membahayakan. Tapi jika anda dihinggapi bakteri seperti MRSA, lalu terkena pada kulit yang luka, bakteri itu bisa menginfeksi.

Jika bakteri itu masuk ke aliran darah, Anda bisa berakhir di rumah sakit. Bahkan pada orang yang dihinggapi MRSA ini, mencuci handuk setelah empat atau lima kali digunakan pun akan memiliki kemungkinan terkena infeksi.

Dalam hal jamur, handuk yang tidak dicuci setelah empat atau 30 penggunaan sering tidak menyebabkan infeksi kulit. Sebab sesuatu seperti ragi atau jamur yang biasa tumbuh di handuk, tak biasa tumbuh di kulit.

"Orang yang sehat dan normal tidak akan membawa jamur di kulit mereka," katanya. Tidak ada jamur pada kulit Anda berarti tidak ada jamur di handuk Anda dan oleh karena itu tidak ada infeksi jamur.

Apa lagi yang akan disebabkan oleh handuk kotor? Jawabannya, setelah digunakan, tubuh Anda akan berbau seperti handuk apak. Setelah digunakan empat kali, handuk Anda akan dipenuhi ribuan, atau mungkin jutaan bakteri. Bakteri itu yang akan menempel saat Anda menyeka seluruh tubuh Anda.

Penulis: Ariestia
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved