Breaking News:

Trio Kakek Ini Bersepeda Selama Sebulan Menuju Titik Nol Sabang

Tiga kakek ini akan bersepeda menyinggahi Bukittinggi berlanjut ke Sibolga, Nias, Meulaboh, Banda Aceh, Sabang, Loksmawe, Brastagi dan terakhir Medan

Penulis: | Editor: M Iqbal
TribunPekanbaru/Zul Indra
Trio Kakek Lisoi bersama Pemimpin Redaksi Harian Tribun Pekanbaru, RHR Dodi Sarjana 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Zul Indra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dengan menggunakan sepeda, Trio Kakek Lisoi Kunjungi Kantor Tribun Pekanbaru, Selasa (12/1/2016). Kedatangan mereka disambut oleh Pemimpin Tribun Pekanbaru, Dodi Sarjana.

Tujuan tiga kakek yang bernama Yosef P Situmorang (66 tahun), Tasman Jen (60 tahun) dan Abasri Piliang (59 tahun) itu adalah untuk memberikan informasi bahwa mereka bakal melakukan tour de Kilometer Nol Sabang Nusantara Indonesia, mulai tanggal 18 Januari 2016.

"Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Tour de Asia oleh trio kakek pada tahun 2014 lalu. Target kita adalah mengibarkan bendera merah putih di kilometer nol, Sabang, Provinsi Aceh. Kita akan gowes sepeda hingga daerah paling barat Indonesia itu," ucap Yosef P Situmorang.

Pria yang akrab disapa Opung itu melanjutkan, perjalanan tersebut dimulai dari Kota Bukittinggi berlanjut ke Sibolga, Nias, Meulaboh, Banda Aceh,Sabang, Loksmawe, Brastagi dan terakhir Medan.

"Kita mengambil Bukittinggi sebagai star awal karena daerah tersebut pernah menjadi ibukota Negara Indonesia pada masa
Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Kota yang terkenal dengan Jam Gadang itu pernah menjadi penyelenggara pemerintahan Republik Indonesia periode 22 Desember 1948 - 13 Juli 1949. Makanya kami mengabil star dari kota bersejarah tersebut. Kami mulai dari kantor Walikota Bukittinggi," tuturnya.

Tasman Jen menambahkan, tour tersebut bakal mereka lakukan selama satu bulan. Dimana di setiap kota yang disinggahi, mereka disambut oleh para komunitas sepeda. "Kami sudah menginformasikan kepada komunitas di masing-masing daerah itu sejak beberapa waktu lalu," sambungnya.

Yosef melanjutkan, suatu saat nanti Trio Kakek Lisoi juga bakal mengunjugi titik nol di ujung Timur Indonesia, yakni Merauke, yang terletak di Pulau Papua. Sebab tujuan tour mereka itu adalah menjalin persaudaraan dan persatuan dari Sabang sampai Merauke.

"Visi dan misi kita adalah merajut nusantara lewat tour de Sabang-Merauke. Kita akan menyebarkan virus persaudaraan, persahabatan dan persatuan dari seluruh daerah di Indonesia. Jadi tidak ada lagi perbedaan satu sama lain. Jadi rencana dari gowes ini adalah jajar pulau-pulau yang ada di Indonesia dan jalin silaturrahmi,"paparnya.(*)

Baca selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved