Pilkada Pelalawan 2015

Hari Ini KPU Pelalawan Gelar Pleno Penetapan Pemenang Pilkada

KPU Pelalawan berencana menggelar pleno penetapan pemenang pilkada serentak 2015 pada Rabu (27/1/2016) sore di kantor KPU

Hari Ini KPU Pelalawan Gelar Pleno Penetapan Pemenang Pilkada
TribunPekanbaru/Johanes
Kotak suara Pilkada Pelalawan 2015 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Johannes Tanjung

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memenangkan pasangan Harris-Zardewan (HAZA) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pelalawan, Selasa (26/1/2016) lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar pleno penetapan pemenang.

Menurut Ketua KPU Pelalawan, Nasarudin Usman, kepada tribun Rabu (27/1/2016) dalam putusan MK, KPU diperintahkan untuk melaksanakan pleno penetapan pemenang Pilkada 1x24 jam setelah pembacaan putusan.

Dijelaskannya, KPU berencana menggelar pleno penetapan kemenangan HAZA dalam Pilkada Pelalawan pada hari ini, Rabu (27/1/2016) sore di kantor KPU.

Pihaknya tengah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pleno penetapan pemenang.

"Kita jadwalkan siang nanti di aula kantor KPU. Kita tengah mempersiapkan semuanya," ujar Nasarudin.

Seperti diketahui, dalam esepsinya MK menolak seluruh gugatan tim ZA. Selisih suara pada Pilkada Pelalawan yang telah ditetapkan KPU melalui pleno rekapitulasi, tidak memenuhi syarat formil. Persyaratan itu mengacu kepada Undang-undang (UU) nomor 8 tahun 2015 dan dan Peraturan Mahkamah Kkontitusi (PMK) nomor 15 pasal 6 tentang batas maksimal.

Selisih berdasarkan pleno kita mencapai 1.538 suara. Untuk memenuhi syarat formil itu batas maksimalnya 1.029 suara. Berdasarkan kelebihan dari batas maksimal sekitar 509 suara, MK menggugurkan seluruh pokok-pokok gugatan ZA yang diketahui terdiri dari sembilan item. (*)

Baca Selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: johanes
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved