Sebelum Dipulangkan ke Daerah Asal, Eks Gafatar Asal Riau Akan Didata Ulang

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Syarifuddin AR mengungkapkan kepastian pemulangan eks anggota Gafatar asal Riau dilakukan pada hari Senin (15/2/201

Sebelum Dipulangkan ke Daerah Asal, Eks Gafatar Asal Riau Akan Didata Ulang
TribunPekanbaru/MelvinasPriananda
Sejumlah mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) saat tiba di Pekanbaru, Senin (8/2/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Budi Rahmat

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Syarifuddin AR mengungkapkan kepastian pemulangan eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (gafatar) asal Riau ke kabupaten/kota kemungkinan besar dilakukan pada hari Senin (15/2/2016) nanti.

Saat ini pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota guna memfasilitasi kepulangan eks gafatar.

"Sampai kini 50 eks gafatar masih diinapkan di rusunawa Pekanbaru. Mereka masih akan mendapatkan pembinaan sembari kita pastikan kepulangan pada senin nanti," terang Syarifuddin, Jum'at (12/2/2016).

Dikatakannya, penundaan pemulangan eks gafatar ke kabupaten/kota disebabkan karena pihak kabupaten/kota harus melakukan pendataan ulang.

"Jadi kita juga harus memikirkan bagaimana kelanjutan mereka saat di kabupaten/kota. Sebab, mereka ada yang tidak punya rumah dan tidak jelas bagaimana pekerjaannya," terang Syarifuddin.

Ditambahkannya, pendataan dilakukan untuk membuat identitas yang permanen. Pasalnya, eks gafatar asal riau yang dipulangkan, ada beberapa diantaranya hanyalah pendatang.

"Mereka hanya memiliki KTP sementara. Jadi itu juga harus diurus. Sebab, akan menjadi masalah ketika nantinya kabupaten/kota memfasilitasi pekerjaan," pungkas Syarifuddin.

Seperti diberitakan sebelumnya, 50 eks gafatar asal Riau sampai di Pekanbaru pada Senin (8/2/2016) lalu. Sampai di Pekanbaru mereka kemudian diinapkan di rusunawa guna mendapatkan pembinaan. (*)

Baca Selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: Budi Rahmat
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved