Hot Line Public Service

Jika Lain Daerah Bagaimana Cara Mengurus Surat Nikah?

Bagaimana ya cara mengurus surat pernikahan jika lain daerah? Dan kenapa ya bun mengurus surat pernikahan agak lebih sulit skrg

Jika Lain Daerah Bagaimana Cara Mengurus Surat Nikah?
Internet
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Zul Indra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah pertanyaan diterima Tribun Pekanbaru dalam rubrik cetak Hot Line Publik Service, lewat SMS di nomor 0811766616. Berikut di antara pertanyaan, beserta jawabannya:

Pertanyaan:

Pagi bun, saya mau tanya bun. Bagaimana ya cara mengurus surat pernikahan jika lain daerah? Dan kenapa ya bun mengurus surat pernikahan agak lebih sulit skrg. Bnyak persyaratan yg harus dilalui, dan skrg jg ada program kuliah sebelum nikah. Makasih bun

Dari: +628137234xxxx

Jawaban:

Selamat pagi kembali. Tata cara melakukan nikah di daerah lain adalah pertama meminta surat nikah dari RT/RW atau kepala suku, selanjutnya melalui lurah atau kepala Desa. Setelah itu, calon pengantin mengurusnya ke KUA di kecamatan daerah masing-masing. Dengan membawa persyaratan pernikahan yakni, Fotokopi KTP/KK yang masih berlaku, pas foto ukuran 2x3 dua lembar dan 3x4 tiga lembar.

Surat keterangan dari RT dan RW setempat atau kepala suku. Surat untuk menikah dari kelurahan setempat (N1, N2 dan N4). Dari pihak KUA Kecamatan masing-masing calon mempelai akan membuat surat rekomendasi kepada pihak KUA tempat dilangsungkannya pernikahan.

Sementara untuk kursus calon pengantin dilakukan pemerintah berdasarkan hasil survey bahwasanya akhir-akhir ini telah banyak terjadi perceraian di kalangan masyarakat. Hal itu disebabkan kurang pemahaman dalam membentuk keluarga bahagia. Seperti kita tahu tujuan utama dalam menikah itu adalah ibadah dan harus ikhlas menerima pasangan masing-masing, serta menjauhi ego masing-masing.

Kursus calon pengantin ini diperkirakan 2 sks mata kuliah, minimal delapan kali pertemuan. Di pekanbaru ada dua tempat kursusnya. Setiap Selasa dan Rabu di lantai dua gedung LPTQ yang berada di belakang masjid Ar Rahman Pekanbaru, serta Sabtu dan Minggu di Kampus Pasca Sarjana UIN Suska Riau, Jalan Pelajar atau KH Ahmad Dahlan Pekanbaru. Calon pengantin boleh memilihnya.

Di sana nanti para calon pengantin akan mendapat materi atau ilmu tentang membentuk pernikahan dipandang dari psikologi, sosial, mananjemen, ekonomi, sosial. Sehingga nantinya diharapkan saat melangsungkan pernikahan, suami dan istri lebih memahami, mengerti dan menerapkan ilmu yang didapat dalam membentuk keluarga bahagia dan sejahtera baik di dunia maupun di akhirat. Jika sudah terbentuk keluarga menyenangkan, maka sesuatu yang dijalani akan terasa indah dan mudah, serta bisa dipertanggungjawabkan. Sekian Informasinya, terima kasih . Wassalamualaikum Wr.Wb.

Drs H Mas'adi
Penghulu KUA Kecamatan Pekanbaru Kota

Penulis:
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved