Orang Bertubuh Kurus Tak Bertahan Lama Jika Serangan Jantung

Penyakit kronik yang parah diketahui memang secara bertahap akan membuat tubuh kurus. Bobot tubuh yang kurang dari

net/acehchannel
ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kegemukan dan sakit jantung memang bersahabat erat, tapi jika kita bertubuh kurus efeknya juga tak terlalu bagus. Orang yang terlalu kurus diketahui lebih sulit bertahan hidup saat serangan jantung.

Orang yang memiliki indeks massa tubuh kurang dari 18,5 dikategorikan sebagai kurus. Dalam penelitian yang mengikuti jejak orang lanjut usia yang dirawat karena sakit jantung, terbukti bertubuh kurus menimbulkan kerugian.

Salah satu dugaan mengapa orang kurus memiliki angka harapan hidup yang rendah saat mengalami serangan jantung adalah karena ada penyakit tersembunyi yang mungkin diderita.

Penyakit kronik yang parah diketahui memang secara bertahap akan membuat tubuh kurus. Bobot tubuh yang kurang dari normal juga lebih ringkih dan daya tahan tubuhnya lebih rendah.

Tim peneliti tersebut menyimpulkan, untuk meningkatkan harapan hidup pasien dokter harus fokus meningkatkan status gizi dan berat badan pasien.

Dalam penelitian juga diketahui, pasien yang mengalami penurunan berat badan akibat penyakit kanker atau jantung mengalami kenaikan usia harapan hidup setelah mendapatkan terapi penambahan berat badan. (*)

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved