BOB PT BSP-Pertamina Hulu Tidak Berkewajiban Membayarkan Pesangon Pekerja Mitra

Sebagian besar buruh yang tergabung dalam DPP SBCI Provinsi Riau yang melakukan aksi demonstrasi dan mogok kerja, bukan dari pekerja BOB.

BOB PT BSP-Pertamina Hulu Tidak Berkewajiban Membayarkan Pesangon Pekerja Mitra
Tribunpekanbaru/mayonalputra
Ratusan buruh unjuk rasa di kantor bupati Siak, Rabu (27/4/2016). 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Mayonal Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Terkait aksi demonstrasi dan mogok kerja yang digelar buruh, Rabu (27/4/2016) kemarin, External Affair Manager Badan Operasi Bersama (BOB-) PT Bumi Siak Pusako (BSP)-Pertamina Hulu, Iskandar memberikan klarifikasi melalui rilis ke media-media.

Dalam rilis yang diterima Tribun, Kamis (28/4/2016) ia mengatakan, sebagian besar buruh yang tergabung dalam DPP SBCI Provinsi Riau, bukan dari pekerja BOB.

Berangkat dari apa yang menjadi tuntutan para pekerja ini, semestinya bisa diselesaikan oleh perusahaan mitra pekerja yang bernaung di bawahnya. Semuanya ini juga mengacu kepada pasal 65 UU Nomor 13 Tahun 2003 dan Permenakertrans RI Nomor 19 Tahun 2012 tentang syarat-syarat penyerahan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lain, bukan mengatur tentang penyelesaian permasalahan ketenagakerjaan antara pemberi kerja dengan pekerja/karyawan perusahaan pihak ketiga/mitra kerja.

"Termasuk pembayaran pesangon terhadap pekerja mitra yang berakhir hubungan kerjanya sesuai dengan bentuk hubungan kerja (waktu tertentu dana atau waktu tidak tertentu), BOB PT BSP-Pertamina Hulu tidak berkewajiban membayarkan pesangon para pekerja mitra. Karena yang berwenang adalah perusahaan dari rekanan pihak ketiga yang bekerja sama dengan BOB PT BSP-Pertamina Hulu," jelasnya.

Mengacu kepada poin-poin di atas, lanjut Iskandar, BOB PT BSP-Pertamina Hulu meminta penyelesaian masalah-masalah ketenagakerjaan antara pekerja dari perusahaan pihak ketiga yaitu mitra kerja BOB dapat diselesaikan secara internal di perusahaan pihak ketiga/mitra kerja, sehingga dapat menghindari mogok kerja pada saat-saat situasi ekonomi yang sedang sulit ini.

"Jika aksi mogok kerja ini tidak dapat dihindari, pihak ketiga yang menjadi mitra kerja dari BOB, diminta untuk berkoordinasi dengan instansi terkait agar mogok kerja ini tidak menimbulkan aksi-aksi anarkis, terutama dalam hal menghambat operasional BOB," jelas Iskandar. (rls/myo)

Baca selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: Mayonal Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved