VIDEO : Pohon Kurma di Mesjid Agung An Nur Berhasil Berbuah

Sebuah pohon kurma di Mesjid Agung An Nur Pekanbaru berhasil berbuah

Laporan Fotografer Tribun Pekanbaru: Theo Rizky

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sebuah pohon kurma di Mesjid Agung An Nur Pekanbaru berhasil berbuah. Pohon yang sudah ditanam sejak empat tahun tersebut baru sekali ini berbuah setelah dilakukan penyerbukan oleh pihak pengurus mesjid sekitar 1,5 bulan yang lalu.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Badan Amil Zakat Provinsi Riau yang juga pengurus Mesjid Agung An Nur, Auni M Noor, Kamis (28/4/2016).

Dikatakannya, serbuk sari yang didatangkan dari thailand awalnya dibalutkan ke sebuah pohon kurma yang sudah cukup usia sebagai percobaan, tak disangka, ternyata penyerbukan tersebut berhasil, "ada sekitar 20an pohon kurma disini, tapi kita baru mencoba pada satu pohon," ujar Auni seraya menjelaskan bahwa bibit pohon kurma tersebut awalnya dibeli di rumbai untuk menghiasi halaman mesjid.

"Ini sesuatu yang agak aneh, pohon kurma yang berbuah di riau sangat jarang karena iklim yang sangat berbeda, tidak seperti di arab sana," tambah Auni.

Sejak berbuah, pohon itu telah menjadi tontonan tersendiri bagi pengunjung mesjid, tak jarang juga orang berselfie dengan latar belakang pohon kurma tersebut, namun hingga kini belum ada yang mengetahui rasa buahnya karena belum ada yang mencoba memakannya.

Pihak pengurus kini sengaja memagari pohon itu agar terhindar dari tangan-tangan jahil dan rencananya pengurus juga akan melakukan penyerbukan terhadap pohon-pohom kurma yang lain agar ikut berbuah. (*)

Penulis: TheoRizky
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved