Setiap Hari Baca Tujuh Koran, PWI Cabang Riau Sambangi Rusli Zainal

Mantan Gubernur Riau dua periode Rusli Zainal, ternyata masih tetap memantau perkembangan terkini Provinsi Riau maupun nasional.

Setiap Hari Baca Tujuh Koran, PWI Cabang Riau Sambangi Rusli Zainal
TribunPekanbaru/Candra Dani
Mantan Gubernur Riau Rusli Zainal (kanan berkacamata) menerima dua buah tanda mata dari Ketua PWI Cabang RIau Dheni Kurnia, Selasa (24/5). 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Candra Dani

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Mantan Gubernur Riau dua periode Rusli Zainal, ternyata masih tetap memantau perkembangan terkini Provinsi Riau maupun nasional. Setiap hari pria kelahiran Mandah Inhil, Riau, 59 tahun lalu ini rutin membaca tujuh koran, termasuk Tribun Pekanbaru dan belasan webiste berita.

Hal itu diungkapkan oleh suami Septina Primawati ini saat beramah-tamah menerima kunjungan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Riau, Selasa (24/5/2016) di Lapas Pekanbaru Tangkerang Utara. Pengurus PWI Riau sendiri, langsung dipimpin oleh ketuanya Dheni Kurnia bersama Sekjen Eka Putra Nasir. Mereka berdua didampingi belasan pengurus lain seperti Zufra Irwan, Tun Akhyar, Sapruddin Koto, Ikhwan Muhammad, Bambang Irawan, Candra Dani dan Munazlen Nazir.

Dengan suasana penuh kekeluargaan, pada momen itu Rusli Zainal sempat memperlihatkan dokumentasi berita-berita yang diklipingnya. Rusli Zainal sendiri tampak ceria dengan kunjungan belasan insan pers Riau ini. Dia menyebut, peran pers bagaimanapun sangatlah penting selama masa kepemimpinannya.

"Pers ibarat matahari, mampu menyampaikan informasi kepada masyarakat luas," kata dia.

Sementara, menurut Dheni Kurnia, sosok Rusli Zainal sejak awal memang sangat dekat dengan organisasi profesi insan pers ini. Peran Rusli Zainal, kata Dheni, terhadap pers Riau sangat signifikan. Dheni menyebut, beberapa hal seperti pembangunan gedung Kantor Cabang PWI Riau di Jalan Arifin Achmad.

Kemudian, sambung Dheni, program naik haji bagi wartawan di Riau, yang berlangsung hingga saat ini, merupakan prakarsa Rusli Zainal sejak awal memimpin di Riau, tahun 1999 lalu. Yang tak kalah pentingnya adalah penyelenggaraan Porwanas 2005 lalu di Riau, yang sukses dari sisi prestasi dan acara.

" Meski Bapak Rusli Zainal juga tak kurang dikritisi habis-habisan oleh media itu sendiri, namun dia dengan elegan meminta hak jawab dan mengklarifikasinya. Atas sikapnya yang kooperatif tersebut, tak heran Bapak Rusli Zainal kemudian memperoleh Pena Emas tahun 2008, " kata Dheni Kurnia.

Acara silaturahmi yang berlangsung sekitar dua jam itu, kemudian ditutup dengan penyerahan tanda mata oleh PWI Riau kepada Rusli Zainal, yakni berupa Al Quran dan Kumpulan Hadist Sahih Bukhari. Setelah sempat berfoto bersama, maka para pengurus PWI cabang Riau mohon pamit kepada Rusli Zainal.(*)

Baca selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: CandraDani
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved