Ucapkan Selamat Bekerja, DPD RI Minta Suyatno-Jamiluddin Pacu Pembangunan Rohil

Ketersediaan APBD yang cukup besar idealnya mampu mendorong kemajuan daerah secara signifikan. Kewenangan di

Ucapkan Selamat Bekerja, DPD RI  Minta Suyatno-Jamiluddin Pacu Pembangunan Rohil
Istimewa
Rosti Uli Purba, anggota DPD RI asal Provinsi Riau 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Masyarakat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil)  resmi memiliki pemimpin daerah yang baru. Setelah kemarin, Bupati Suyatno dan Wakil Bupati Jamiluddin dilantik oleh Gubernur Riau, Andi Rahman, diharapkan pembangunan di daerah tersebut bisa segera dipacu. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) Republik Indonesia berharap, duet Suyatno-Jamiluddin bisa membuktikan janji-janji politiknya dalam rangka meningkatkan daya saing dan capaian pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya ucapkan selamat bertugas kepada Bupati dan Wakil Bupati Rohil yang kemarin dilantik. Semoga mampu mengemban tanggung jawab dalam membawa Rohil lebih maju, masyarakat sejahtera dan pembangunan bisa dirasakan dengan keadilan masyarakat," kata anggota DPD RI dapil Provinsi Riau, Rosti Uli Purba, Kamis (9/6/2015).

Menurut Rosti Uli, potensi yang dimiliki Kabupaten Rohil cukup tersedia. Baik menyangkut ketersediaan sumber daya alam maupun dukungan APBD yang cukup besar. Itu sebabnya, perlu dilakukan terobosan pembangunan dalam menghubungan tiap daerah dan kepenghuluan sehingga akses mendasar masyarakat bisa mendorong ekonomi yang efisien dan produktif bagi masyarakat.

"Ketersediaan APBD yang cukup besar idealnya mampu mendorong kemajuan daerah secara signifikan. Kewenangan di era otonomi ini menjadi kekuatan untuk melakukan perubahan berbasis kebutuhan daerah dan lokal. Kita berikan dukungan agar pemerintahan ini bisa berjalan dengan baik," tegas Rosti Uli.

Senator perempuan asal Bumi Lancang Kuning ini menambahkan, kondisi Rokan Hilir memang memiliki beberapa perbedaan dengan daerah lainnya di Riau. Secara geografis, Rohil terletak di perbatasan daerah Riau dengan provinsi tetangga yakni Sumatera Utara. bahkan, Rohil berbatasan langsung dengan Malaysia yang dipisahkan oleh samudera atau laut. Itu sebabnya, karakteristik geografis ini memberikan ekses yang sifatnya positif maupun negatif.

"Ekses-ekses negatif di kawasan perbatasan antar provinsi atau bahkan antar negara ini mesti dikendalikan secara efektif. Di kawasan perbatasan tersebut perlu perhatian yang lebih besar. Agar kehidupan masyarakat di perbatasan itu bisa didukung oleh fasilitas publik yang memadai," tegas Rosti Uli.

Rosti Uli menjelaskan, perlindungan terhadap masyarakat lokal, baik dari sisi pemberdayaan ekonomi maupun peningkatan mutu kualitas pendidikan juga mesti mendapat perhatian. Menurutnya, sektor ekonomi dan SDM menjadi elemen penting yang harus ditingkatkan, agar warga lokal tidka tertinggal, namun mampu bersaing dengan seimbang.

"Perlu penguatan ekonomi warga lokal dan meningkatkan SDM secara berkelanjutan. Sehingga, kesejahteraan masyarakat lokal ini terangkat dan mampu bersaing untuk lebih meningkatkan kehidupannya," pungkas Rosti Uli. (*)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved