Lebaran 2016

Begini Skenario Polres Kampar Cegah Kemacetan Arus Balik

Personil gabungan terdiri dari Kepolisian Resor Kampar, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan dan TNI disebar di sejumlah titik jalur mudik.

Begini Skenario Polres Kampar Cegah Kemacetan Arus Balik
TRIBUNPEKANBARU.COM/FERNANDO SIHOMBING
Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata menyeberangkan warga saat mengatur lalu lintas arus mudik di Pasar Kampar, Minggu (10/7/2016). 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, F Sihombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Personil gabungan terdiri dari Kepolisian Resor Kampar, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan dan TNI disebar di sejumlah titik jalur mudik, Minggu (10/7/2016). Penyebaran personil bukan hanya di Pos Pengamanan.

Polres Kampar memfokuskan penempatan personil di jalur barat Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat. Jalur ini diprediksi paling sibuk dengan jumlah kendaraan yang melintas naik drastis pada puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Kepala Polres Kampar AKBP. Edy Sumardi Priadinata mengungkapkan, titik paling rawan macet berada di Pasar Kampar Kecamatan Kampar Timur dan perbatasan Kampar dengan Pekanbaru.

"Kalau di Pasar Kampar, karena pada hari Minggu merupakan hari pasar. Lokasi pasar di tepi jalan raya berpotensi mengganggu arus lalu lintas," jelas Edy didampingi Paur Humas Ipda. Deny Yusra. Menurut dia, Pos Lebaran yang didirikan di titik tersebut telah disiagakan untuk mengurai kemacetan.

Sedangkan di perbatasan Kampar dengan Pekanbaru, pihaknya telah merekayasa jalur lalu lintas. Kendaraan dari arah Bangkinang dialihkan ke jalur alternatif melewati Simpang Jalan Baru melalui Danau Bokuok.

"Jalur alternatif ini berada di Kilometer 32 (Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang), sekitar 800 meter setelah Polsek Tambang," jelas Edy di sela-sela kesibukannya turun langsung mengatur lalu lintas di Pasar Kampar, Minggu jelang tengah hari.

Jalur tersebut tembus di Jalan Kubang Raya Desa Kualu Kecamatan Tambang atau bisa langsung ke Simpang Kambing Desa Teratak Buluh Kecamatan Siak Hulu. "Petugas kita tempatkan di beberapa titik untuk mengarahkan pengendara," kata Edy.

Menurut Edy, jalur tersebut dalam kondisik baik dan laik digunakan. Meski lebarnya lebih sempit. Ia mengatakan, jarak tempuh jalur alternatif tersebut tidak jauh berbeda atau hampir sama dengan jalur utama (Rimbo Panjang).

Mantan Kepala Polres Kuantan Singingi ini mengatakan, pihaknya telah menggelar personil secara besar-besaran di jalur mudik maupun di pusat kegiatan masyarakat. Ia berharap, keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) tercapai selama arus balik.

Baca selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: Fernando Sihombing
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved