BREAKING NEWS: Polresta Pekanbaru Tangkap Penjual Serum Palsu

Polresta Pekanbaru mengkonfirmasi menangkap tersangka penjual serum anti tetanus palsu berinisial AF

BREAKING NEWS: Polresta Pekanbaru Tangkap Penjual Serum Palsu
TribunPekanbaru/Dody Vladimir
Satreskrim Polresta Pekanbaru yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bimo Ariyanto SH SIK melakukan penggeledahan dan penyegelan Apotek Lekong Farma di Jalan Hangtuah Pekanbaru, Rabu (3/8/2016). Petugas membawa barang bukti lima kardus berisi serum anti tetanus dan anti bisa ular yang diduga palsu serta obat kadarluasa dari apotek tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Budi Rahmat

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Polresta Pekanbaru mengkonfirmasi menangkap tersangka penjual serum anti tetanus palsu berinisial AF (38), Rabu (3/8/2016) tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Tersangka merupakan pemilik salah satu apotek di Jalan Hangtuah, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru.

Kepastian tersebut berdasarkan laporan Polisi Nomor : LP/875/VIII/2016/SPKT tanggal 2 Agustus 2016 dan Surat Perintah Penangkapan Nomor : Sp.Kap/ 215 / VIII/ 2016 /Reskrim Tanggal 3 Agustus 2016.

Tersangka ditangkap setelah Polresta Pekanbaru selesai diperiksa sebagai saksi. Kemudian dilakukan gelar perkara ditemukan bukti yang cukup bahwa tersangka melakukan tindak Pidana sesuai Pasal 196 UU RI No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan yang berbunyi, "Setiap orang dengan sengaja memproduksi dan atau mengedarkan sediaan Farmasi atau alat kesehatan yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan , khasiat atau manfaat dan mutu“

Tersangka AF pun terancam pidana penjara maksimal 10 Tahun. Tersangka telah terbukti menjual satu box yang berisi 10 ampul Serum Anti Tetanus Palsu pada bulan Februari atau Maret 2016 kepada saksi W dengan harga Rp.950.000,-

Ditemukan juga 10 Vial Serum Anti Bisa Ular Palsu di dalam kulkas Apotik tersangka pada tanggal 23 Juni 2016 oleh Petugas BBPOM Pekanbaru.

Dengan ditahannya AF, maka sudah tiga orang yang menjadi pesakitan terkait peredaran serum palsu. Dua orang sebelumnya ditahan di Mapolsek Rumbai Pesisir. (*)

Baca Selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: Budi Rahmat
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved