Curi Mobil Kemudian Dipereteli dan Dijual Sampai Untung Rp 25 Juta‎

Dari penjualan spare part pelaku setidaknya mendapatkan uang Rp 25 juta. Barang-barang tersebut memang sengaja dipereteli pelaku.

Curi Mobil Kemudian Dipereteli dan Dijual Sampai Untung Rp 25 Juta‎
TribunPekanbaru/BudiRahmat
Kapolresta Pekanbaru, Kombes Toni Hermawan saat ekspose, Senin (8/8/2016) 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Budi Rahmat

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dari penjualan spare part (alat-alat mobil) pelaku setidaknya mendapatkan uang Rp 25 juta. Barang-barang tersebut memang sengaja dipereteli pelaku dari mobil hasil curian.

Tiga orang ditangkap oleh Polsek Tenayan Raya, Pekanbaru yakni YH (51), JP (48) serta PS alias Ucok (20). Masing-masing berperan sebagai eksekutor, penadah dan mekanik.

"Jadi mereka sengaja menjual per item alat-alat mobil yang sudah dipereteli. Dari sanalah keuntungan didapatkan. Pelaku bekerja sama dengan pemilik bengkel mobil," terang Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Toni Hermawan, disela-sela ekspos di halaman Mapolresta, Senin (8/8/2016).

Toni menambahkan, aksi para pelaku terorganisir karena sudah ada penadah yang siap menampung barang hasil curian tersebut.

Kapolresta sedikit lega setelah personelnya dari Polsek Tenayan Raya berhasil mengungkap sindikat pencurian sepeda motor.

Saking apresiasinya, Toni bahkan memerintahkan barang bukti tujuh unit mobil dibawa ke Mapolresta Pekanbaru untuk dilakukan ekspos ke awak media. Alhasil halaman Mapolresta dipenuhi kendraan yang diparkir berjejer persis di depan pintu utama.

"Saya selalu mendapat laporan soal kehilangan kendaraan roda empat. Laporan tersebut cukup mengusik. Tapi alhamdulillah sudah ada titik terang dari pengungkapan ini," terangnya disela-sela ekspos di halaman Mapolresta Pekanbaru, Senin (8/8/2016).

Tiga orang tersangka pun kemudian dibawa ke parkir Mapolresta tempat diletakan barang hasil curian yang sudah dipereteli tersebut. Mereka diminta untuk menunjukkan cara melakukan pencurian.

Berbekal kunci Y yang sudah dimodifikasi pada bagian ujungnya, tampak pelaku membongkar stop kontak untuk menghidupkan mesin.(*)

Baca selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: Budi Rahmat
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved