Pertamina Bantu Pusat Konservasi Penyu Pariaman Rp 150 Juta

PT Pertamina MOR I Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), memberikan bantuan sebesar Rp150 juta untuk penangkaran penyu di Kota Pariaman

Tribun Pekanbaru/Dodi Sarjana

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Dodi Sarjana
TRIBUNPEKANBARU.COM, PARIAMAN - PT Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) I Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), memberikan bantuan sebesar Rp150 juta untuk penangkaran penyu di Kota Pariaman. Bantuan itu diterima Wakil Walikota Pariaman Dr Genius Umar, Rabu (31/8/2016) di Pusat Konservasi Penyu Kota Pariaman.

Selain terkenal dengan Tabuik dan wisata Pulau Angso Duo, Kota Pariaman memiliki satu destinasi eko-wisata yakni Pusat Konservasi Penyu yang terletak di Jalan Syeh Abdul Arif, Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Untuk menuju lokasi ini, dari Pusat Kota Pariaman hanya memerlukan waktu 10 menit. Di lokasi ini, wisatawan dapat melihat bagaimana penyu-penyu yang hidup di kawasan Pariaman dipelihara dalam sebuah penangkaran.

Ada beberapa jenis tukik yang bisa dilihat di lokasi ini, seperti penyu lekang, penyu hijau dan penyu sisik. Lebih 30.000 ekor tukik yang dihasilkan melalui penangkaran sejak tahun 2009. Sebagian besar tukik-tukik tersebut kemudian dilepaskan ke laut.

Lokasi ini dikelola UPTD Pusat Konservasi Penyu Pariaman. Di sini, ada beberapa fasilitas yang dapat dikunjungi pengunjung seperti, ruang inkubasi peneluran penyu, hacthery, dan ruang karantina. Selain itu, juga tersedia ruang informasi untuk pengunjung yang ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai tukik-tukik yang ada di pusat konservasi. (ds)

Penulis: DodiSarjana
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved