Bekas Hangus pada Peralatan Masak Susah Hilang, Coba Cara Ini

Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau hangus dan bekas hangus pada peralatan masak.

Bekas Hangus pada Peralatan Masak Susah Hilang, Coba Cara Ini
Internet
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Mungkin Anda lupa mematikan api kompor hingga masakan menjadi hangus bahkan panci untuk memasak pun juga hangus.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau hangus dan bekas hangus pada peralatan masak.

Meskipun makanan yang hangus sudah dibuang, kadang-kadang baunya masih menebar ke seluruh rumah. Untuk menghilangkannya, ambil panci lalu isi dengan air dan beberapa irisan jeruk nipis/lemon. Rebus larutan ini sampai mendidih. Bau hangus di ruangan pun perlahan-lahan akan hilang.

Untuk membersihkan bekas hangus, taburi panci atau wajan dengan sabun bubuk agak banyak lalu beri sedikit air. Masaklah air tersebut sampai mendidih. Setelah api dimatikan diamkan air rebusan tetap dalam panci atau wajan selama beberapa jam. Biasanya sisa-sisa makanan hangus yang menempel akan lepas.

Bisa juga dengan cara mengisi panci/wajan dengan air, garam, cuka atau jeruk nipis/lemon. Rebus air larutan tersebut sampai mendidih. Matikan kompor dan biarkan air rebusan tetap dalam panci atau wajan hingga menjadi dingin. Kemudian cuci dengan sabun sambil digosok agak kuat. Bila panci atau wajan dilapisi dengan teflon, jangan menggosok terlalu kuat.

Cara lain, isi panci atau wajan dengan air panas lalu tambahkan beberapa sendok baking soda . Rebus air larutan ini sampai kerak hangusnya lepas.

Bisa juga dengan merebus irisan bawang. Caranya, irisan-irisan bawang merah direbus dengan sedikit air. Tak lama kemudian, bagian yang hangus akan mengapung di permukaan air.

Noda hangus yang membandel pada pirex dapat dihilangkan dengan mengisi air hangat ditambah 1 sendok makan baking soda . Diamkan selama 1 jam. Setelah itu cuci seperti biasa.

Atau rendam pirex dalam air yang diberi kaporit selama 1 – 2 jam. Setelah itu cuci seperti biasa.

Maka berhati-hatilah dalam memasak agar tidak terulang lagi kelupaan mematikan kompor dan masakan menjadi hangus. (idea-online)

Editor: Sesri
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved