Bisnis Pemesanan Kamar Online Beri Kontribusi 10 Persen untuk Hotel

Untuk penjualan satu kamar, penyedia jasa pemesanan secara online mendapat komisi 15 persen dari pihak hotel.

Bisnis Pemesanan Kamar Online Beri Kontribusi 10 Persen untuk Hotel
Tribunpekanbaru/Vina
Ondi Sukmara

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Ikhwanul Rubby

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Saat ini bisnis pemesanan kamar hotel melalui sistem online banyak bermunculan. Hal ini memberikan dampak terhadap bisnis perhotelan di Pekanbaru.

"Dampak positifnya penjualan kamar jadi lebih gampang. Pihak hotel tidak lagi gencar mencari konsumen. Sebaliknya konsumen yang mencari," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia wilayah Riau, Ondi Sukmara, Kamis (6/10/2016).

Meskipun begitu menurutnya tetap ada hambatan. Yakni negosiasi komisi bagi travel agent yang mesti dibayarkan pihak hotel jadi memiliki daya tawar yang kurang.

Ia mengatakan, untuk penjualan satu kamar, secara merata nilai komisi yang mesti dibayarkan oleh hotel ke penyedia layanan online ini sebesar 15 persen dari harga kamar.

"Nilai komisi ini terbilang besar dan memberatkan bagi pebisnis hotel karena pebisnis hotel tidak hanya perlu membayar komisi saja tetapi juga mesti menanggung pembayaran pajak dan perawatan," tuturnya.

Selain itu, harga booking kamar tidak bisa diterima penuh pihak hotel karena sudah dipotong langsung oleh pihak penyedia layanan pemesanan secara online atau booker online.

"Karena itu, dari total jumlah kamar yang disediakan, hotel hanya memberikan kuota 10 persen untuk dijual penyedia jasa booking online ini," katanya.

Jadi menurutnya keberadaan bisnis online ini membuat penjualan kamar menjadi lebih cepat dan mudah. Sedangkan kontribusi dari dari penjualan tersebut hanya sebesar 10 persen saja. (*)

Baca Selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved