Video: BRI Bersama Kemensos Resmikan Layanan E-Warong di Pekanbaru

Layanan ini juga bisa dimanfaatkan pemegang kartu sebagai alat pembayaran berbagai transaksi.

Video: BRI Bersama Kemensos Resmikan Layanan E-Warong di Pekanbaru
TribunPekanbaru/Theo Rizky
Menteri sosial RI Khofifah Indar Parawansa meluncurkan layanan Elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong), Kelompok Usaha Bersama (Kube) - Program Keluarga Harapan (PKH) di Jalan Rawa Bening, Kelurahan Labuhan Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Senin (12/12/2016). e-Warong merupakan gagasan Kementerian Sosial untuk mempermudah penyaluran dana bantuan sosial PKH. Selain untuk warung non tunai, kartu tersebut dapat sekaligus difungsikan seperti kartu ATM. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY 

Laporan wartawan Trubun Pekanbaru, Ikhwanul Rubby

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Bank Rakyat Indonesia (BRI) wilayah Pekanbaru bersama Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia luncurkan Layanan E-Warong Kube-PKH Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera di Pekanbaru. Peluncuran dilakukan di Kelompok Usaha Bersama Elektronik (Kube) Program Keluarga Harapan (PKH) Jalan Bakti Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru, Senin (12/12).

Layanan ini merupakan layanan penyaluran secara digital bantuan sosial dari Kemensos RI.

Pekanbaru menjadi kota ke-37 diresmikannya layanan tersebut di seluruh Indonesia. BRI menjadi perbankan yang diutus pemerintah sebagai pelaksana program ini di area luar pulau Jawa, Bali dan Madura.

Pimpinan Wilah BRI Pekanbaru, Erizal mengatakan pada layanan ini pihak bank memberikan kartu elektronik yang bersifat seperti kartu debit. Kartu ini diserahkan kepada masyarakat yang terdata ikut dalam program penyaluran bantuan Kemensos.

"Dengan layanan ini masyarakat memiliki rekening bank. Rekening ini sebagai alamat tujuan penyaluran bantuan dari Kemensos RI," katanya.

Layanan tersebut menggunakan sistem E-Wallet.

Selain sarana penyaluran bantuan sosial dari pemerintah. Layanan ini juga bisa dimanfaatkan pemegang kartu sebagai alat pembayaran berbagai transaksi, menyimpan uang dan pengambilan bantuan subsidi bahan pokok dari Badan Urusan Logistik (Bulog).

Dikatakan dalam rangka mensukseskan sistem penyaluran bantuan sosial dari Kemensos RI, pihak bank mendayagunakan para agen BRILink yang ada.

Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, yang hadir dalam peluncuran ini mengatakan program ini memang dirancang Presiden Jokowi berkolaborasi dengan bank.

Halaman
12
Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved