Tim Pekansikawan Tinjau Potensi Wisata Sepanjang Jalur Bus Air

Tim Pekansikawan melakukan tinjauan guna melihat potensi wisata di jalur bus air milik Pemko Pekanbaru pada Selasa

Tim Pekansikawan Tinjau Potensi Wisata Sepanjang Jalur Bus Air
Tribunpekanbaru/Syahrul
Tim Pekansikawan saat meninjau potensi wisata sepanjang jalur lintasan bus air dari Sei Duku menuju Melebung. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Syahrul Ramadhan

TRIBUNPEKANBARU.COM - Tim Pekansikawan melakukan tinjauan guna melihat potensi wisata di jalur bus air milik Pemko Pekanbaru pada Selasa (13/12/2016).

Sejumlah pejabat seperti Kasi Industri Pariwisata Dispar Kota Pekanbaru Sarkawi, Kabid Angkutan Dishubkominfo Kota Pekanbaru Sunarko, Ka UPTD PPAP Dishubkominfo Kota Pekanbaru Wisnu Harryanto, Ketua ASITA Riau Dede Firmansyah dan banyak lagi.

Dalam tinjauan tersebut, bus air yang ditumpangi melintas di jalur Sungai Siak dari Pelabuhan Sei Duku menuju Melebung dan balik lagi menuju Meranti Pandak sebelum kembali ke Sei Duku.

Disampaikan oleh Sarkawi, kegiatan tersebut ditujukan untuk melihat potensi wisata yang ada di sepanjang jalur lintasan bus air tersebut.

Diantara objek wisata menarik yang menjadi perhatiannya adalah wisata berkuda di daerah Okura, Rumbai. Wisata tersebut dianggap cukup menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan berwisata dengan menggunakan bus air.

"Memang jaraknya sejam perjalanan air dan naik mobil sejauh lima kilometer. Namun, lokasinya cukup menjanjikan," katanya.

Sarkawi mengakui, untuk mendukung sejumlah potensi wisata tersebut masih dibutuhkan pembangunan sarana dan prasarana penunjang.

"Kita masih butuh dermaga kuliner dan banyak lagi agar objek wisata tersebut menarik untuk dipromosikan," terang Sarkawi.

Sementara, Wisnu Harryanto yang membawahi sarana transportasi air menerangkan, pihaknya mendukung penggunaan sarana bus air tersebut.

‎"Kita sangat mendukung program pemerintah dalam bentuk apapun. Terutama dalam bidang pariwisata. Hanya saja, perlu ada penggalian potensi lebih banyak untuk mengenali potensi yang ada di jalur bus air dari Sei Duku hingga Melebung," paparnya.

Selain persoalan potensi wisata, operasional bus air juga harus menjadi bahan pertimbangan. Maklum, kapal berkapasitas 50 orang hasil hibah Kemenhub itu masih menggunakan APBD Pemko Pekanbaru sebagai sumber dana operasional.

"Peluang investasi dibidang wisata juga harus difokuskan. Hal ini untuk menunjang penggunaan bus air agar mandiri dan tidak bergantung pada anggaran APBD Pemko Pekanbaru terus-terusan," tandasnya. (*)

Baca selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: Syahrul
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved