Wisata Panorama, Pokdarwis Ajak Rombongan Saksikan Indahnya Bantaran Sungai Siak

Menyusuri Sungai Siak dari Pelabuhan Sei Duku menuju ke Okura, ternyata menjadi perjalanan wisata yang menyenangkan.

Wisata Panorama, Pokdarwis Ajak Rombongan Saksikan Indahnya Bantaran Sungai Siak
TRIBUNPEKANBARU.COM/SYAIFUL MISGIONO
Menyusuri Sungai Siak dari Pelabuhan Sei Duku menuju ke Okura, ternyata menjadi perjalanan wisata yang menyenangkan. Inilah yang dilakukan oleh sejumlah kalangan, Selasa (13/12/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru: Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM - Menyusuri Sungai Siak dari Pelabuhan Sei Duku menuju ke Okura, ternyata menjadi perjalanan wisata yang menyenangkan. Inilah yang dilakukan oleh sejumlah kalangan, Selasa (13/12/2016).

Dengan menggunakan bus air milik Dinas Perhubungan Pemko Pekanbaru, perjalanan wisata air yang diberi nama wisata panorama Sungai Siak ini diikuti perwakilan dari Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Dinas Cipta Karya, Camat, Asita Riau serta perwakilan dari Garuda Indonesia.

Rombongan dipandu langsung oleh Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Pekanbaru, Sarkawi. Rombongan yang ikut dalam wisata panorama Sungai Siak ini menyusuri sungai siak. Mulai dari Pelabuhan Sei Duku hingga ke Okura. Selama perjalanan, rombongan disuguhkan pemandangan objek wisata dibantaran Sungai Siak yang menawan.

Deretan bangunan rumah warga yang ada dipinggiran Sungai Siak ini menjadi pemandangan tersendiri selama menyusuri Sungai Siak ini. Selain itu, sejumlah situs sejarah juga menjadi daya tarik tersebut bagi rombongan yang ikut dalam kegiatan wisata panorama Sungai Siak ini.

Diantaranya, objek wisata air dan wisata berkuda di okura. Kemudian di sepanjang bantaran sungai siak menuju okura tersaji pemandangan rumah-rumah nelayan, pelabuhan bom lama dan PLTU Tenayan.

"Kegiatan ini merupakan pengenalan wisata Sungai Siak, serta pengenalan titik-titik dermaga yang bisa disinggahi oleh wisatawan,"kata Sarkawi.

Dargama yang dimaksud diantaranya, dermaga Masjid Nurul Iman, dermaga Rumah Singgah Sultan, dermaga Jembatan Leghton Pesisir, dermaga Pelindo Pasar Bawah, dermaga Okura dan dermaga Meulebung.

Sebelum kembali ke pelabuhan Sei Duku, rombongan berlabuh di dermaga Masjid nurul Iman Kampung Baru untuk melaksanakan sholat dzuhur dan makan bersama. Rombongan kemudian berlayar kembali menuju ke Pelabuhan Sei Duku.

"Wisata Sungai Siak ini juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang berada dipinggir sungai siak. Karena kedepan Pokdarwis akan memanfaatkan perahu-perahu nelayan untuk mengangkut para wisatawan. Selain itu penduduk setempat juga bisa berjualan makan dan minuman di setiap pelabuhan dan menjajakan kerajinan tangan yang ada serta kuliner khas daerah Riau," beber Sarkawi.

Baca selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved