Pelalawan

Kewenangan Akan Ditarik Pemprov, DPRD Pelalawan Pertanyakan Nasib Guru Honor SMA dan SMK

Kewenangan terhadap SMA dan SMK ditarik Pemerintah Provinsi (Pemprov) per Januari 2017.

Kewenangan Akan Ditarik Pemprov, DPRD Pelalawan Pertanyakan Nasib Guru Honor SMA dan SMK
www.tribunpekanbaru.com

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru : Johannes Tanjung

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Hingga kini nasib guru-guru honor di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih menggantung. Pasalnya, kewenangan terhadap SMA dan SMK ditarik Pemerintah Provinsi (Pemprov) per Januari 2017.

Kondisi ini menjadi perhatian serius bagi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan, Nasarudin SH MH.

Menurutnya, penarikan kewenangan oleh pemprov hanya menanggung guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja. Sedangkan pegawai honor tak masuk dalam penganggaran termasuk gaji.

"Lantas siapa yang bertanggung jawab dengan gaji mereka. Seharusnya pemprov jangan tangungi-tanggung. Guru honornya juga musti dianggarkan gajinya," jelas Ketua DPRD Nasarudin SH MH, kepada tribun Senin (19/12/2016).

Berdasarkan data, lanjut Nasarudin, guru honor SMA dan SMK di Pelalawan mencapai 400 orang. Sangat tidak mungkin jika mereka diberhentikan dari pekerjaannya. Banyak masalah baru yang tercipta mulai dari bertambahnya jumlah pengangguran, ekonomi masyarakat merosot, hingga nasib pendidikan semakin terabaikan.

Jika pemprov tak mau peduli, kata Nasarudin, kewenangan itu akan kembali ditarik ke pemda. Selama ini program pendidikan gratis di Pelalawan sudah berjalan dengan baik.

"Kalau pemprov tak mau, kita akan tarik lagi semua kewenangan untuk SMA dan SMK. Selama ini program pendidikan kita jalan kok," tandasnya. (*)

Baca Selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: johanes
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved