PDI Perjuangan Dukung Pangdam Siliwangi Copot Dandim Lebak

"Langkah dan tindakan dari Kodam tepat. Tidak sepengetahuan atasan, dua tingkat diatasnya, Korem dan

PDI Perjuangan Dukung Pangdam Siliwangi Copot Dandim Lebak
Twitter DPP FPI
Kodim 0603 Lebak Banten menggelar latihan bela negara dengan FPI. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira memuji langkah Pangdam III Siliwangi Mayjen M Herindra mencopot Komandan Kodim 0603 Lebak Banten (Dandim) Letkol Czi Ubaidillah.

Pencopotan itu terkait pelatihan Bela Negara bersama organisasi masyarakat (Ormas), salah satunya Front Pembela Islam (FPI).

Apalagi kata Politikus PDI Perjuangan ini, tindakan pelaksanaan tersebut tidak sepengetahuan atasan, dua tingkat diatasnya yakni Korem dan Kodam.

"Langkah dan tindakan dari Kodam tepat. Tidak sepengetahuan atasan, dua tingkat diatasnya, Korem dan Kodam," ujar Ketua DPP PDI Perjuangan ini kepada Tribunnews.com, Senin (9/1/2017).

Selain itu menurut Andreas Hugo Pareira, tindakan pelaksanaan Bela Negara tersebut tidak sesuai dengan SOP.

Oleh karena itu, tindakan yang dilakukan itu bisa dikategorikan insubordinasi.

Karena itu Pangdam harus melakukan pemeriksaan untuk menyelesaikan persoalan ini, sehingga tidak merusak integritas dan kepercayaan publik kepada TNI.

"Karena publik bisa saja mempunyai pertanyaan-pertanyaan tentang motif-motif di balik Latihan Bela Negara. Apalagi pada masa-masa menjelang pilkada seperti saat ini," kata Andreas Hugo Pareira.

Dandim Lebak Letkol Czi Ubaidillah dicopot.

Pelatihan itu dinilai Pangdam III Siliwangi Mayjen M Herindra tak sesuai dengan prosedur, sehingga tak boleh terjadi lagi.

"Dia tidak izin saya. Saya katakan ini pelanggaran serius. Maka saya ambil keputusan, saya copot jabatannya dan besok ada pejabat baru," tegas Herindra kepada wartawan seusai serah-terima jabatan Komandan Korem 064/Maulana Yusuf dari Kolonel Inf Wirana Prasetya Budi ke Kolonel Czi Ito Hediarto, di Kota Serang, Senin (9/1/2017).

"Saya sampaikan kepada setiap komandan, kalau mau melakukan kegiatan, harus izin jelas, kita ada hierarki. Kalau izin, tanggung jawab di saya. Pertimbangan ada di saya, iya atau tidak," ujar Pangdam Siliwangi.

Sebelumnya, Ubaidillah menjalani pemeriksaan internal di Kodam Siliwangi.

"Hasilnya, ditemukan kesalahan prosedur. Dandim tidak melapor terlebih dahulu baik kepada Danrem maupun Pangdam Siliwangi sebelum menyelenggarakan kegiatan bela negara tersebut," kata Kepala Penerangan Kodam Siliwangi, Letkol M Desi Arianto lewat pesan singkat, Minggu (8/1/2017).

"Oleh karena itu Pangdam Siliwangi memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Dandim Lebak yaitu dicopot dari jabatannya dan segera digantikan oleh pejabat yang baru," kata Desi. (*)

Editor:
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved