Komisi D Minta Pemprov Riau Siapkan Masterplan Pekansikawan

Seharusnya Pemprov Riau yang pro aktif untuk membangun Pekansikawan tersebut, karena program tersebut adalah untuk percepatan pembangunan

Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun baru 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Pihak Komisi D DPRD Riau mengajukan Ranperda tentang Pekansikawan (Pekanbaru Siak Kampar Pelalawan) melalui Prolegda di tahun 2017 ini, dengan harapan bisa menjadi Perda untuk membangun Pekansikawan secepatnya.

Anggota Komisi D DPRD Riau, Abdul Wahid mengatakan, seharusnya Pemprov Riau yang pro aktif untuk membangun Pekansikawan tersebut, karena program tersebut adalah untuk percepatan pembangunan di 4 daerah tersebut, Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan. Namun pada kenyataan menurut Wahid Pemprov tidak begitu bersemangat untuk memulai program Pekansikawan tersebut.

“Pekansikawan harus ditetapkan dengan Pilpres. Tapi harus diawali dulu dengan Perda. Harusnya Pemprov Riau yang menginisiasi Perda tersebut, tapi sejauh ini masih belum ada tanda-tanda hal itu akan dilakukan oleh Pemprov, maka dari itu kami yang mengajukan. Sebetulnya tahun lalu akan kami ajukan, tapi karena ada kendala, maka tahun ini kami ajukan,” kata Wahid kepada Tribun, Minggu (15/1/2017).

Walau tetap akan menjadi Perda nantinya jika diinisasi oleh DPRD Riau, namun Ranperda tersebut menurut Wahid tetap memiliki kelebihan jika diinisiatif oleh Pemprov Riau. Karena di pemprov Riau memiliki SDM yang mencukupi ketimbang di pihak DPRD Riau.

“Kita di DPRD Riau SDM terbatas, kita tidak punya staf ahli khusus soal Pekansikawan ini. Namun kalau dilaksanakan oleh Pemprov Riau di sana memiliki SDM yang cukup banyak. Untuk Pekansikawan ini harusnya dilaksanakan oleh Bapeda,” tuturnya.

Setelah Perda selesai, Pemprov lanjut Wahid harus membuat masterplan tentang Pekansikawan tersebut. Nantinya menurut dia Pekansikawan tersebut akan dibangun melalui anggaran dari APBN.

“Seperti di Makasar, atau pun Medan, itu menggunakan anggaran pusat. Karena ini tujuannya adalah untuk mendorong dan memacu pembangunan di daerah,” ulasnya.

Wahid juga berharap, agar pembangunan Pekansikawan tersebut dikawal langsung oleh Gubernur Riau nantinya. Ia juga mengkawatirkan, ketikaPerda ini dibuat oleh DPRD Riau, maka yang hanya memahami adalah pihak DPRD Riau saja.

“Pihak pemprov harus terus mengawal saat kita membahas Ranperda tersebut. Terutama gubernur harus mengawal secara langsung, karena ini sangat penting,” imbuhnya. (*)

Baca selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: Alex
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved