Kuota Jamaah Haji Riau 2017 Sebanyak 5.010 Orang

Kuota jamaah haji Provinsi Riau pada tahun 2017 ini kembali lagi ke kuota lama yakni sebanyak 5.010 orang jamaah.

Kuota Jamaah Haji Riau 2017 Sebanyak 5.010 Orang
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun baru 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Kuota jamaah haji Provinsi Riau pada tahun 2017 ini kembali lagi ke kuota lama yakni sebanyak 5.010 orang jamaah.

"Seiring dengan kembalinya kuota jamaah haji Indonesia maka untuk Provinsi Riau juga kuotanya kembali kepada kuota semula pada tahun 2017 ini yaitu sebanyak 5.010 jamaah," jelas Kasi Pembinaan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau, Drs H Asril kepada Tribun Pekanbaru, Senin (16/1/2017).

Menurut dia, sejak tahun 2013 lalu jatah atau kuota jamaah haji di Riau memang mengalami pemotongan sebanyak 20 persen.

"Jadi, ini kuotanya bukan bertambah tapi kembali ke kuota awal karena sejak tahun 2013 lalu sampai tahun 2016 memang dilakukan pengurangan kuota menjadi 4.008 jamaah. Jadi, ada pemotongan 1.002 kuota dan dikembalikan lagi, " katanya lagi.

Saat ini Kanwil Kemenag Provinsi Riau memang sedang melakukan pengusulan penambahan kuota. Karena memang Pemerintah Arab Saudi mengembalikan kuota lama sekaligus memberikan penambahan kuota untuk Indonesia sebanyak 10.000 orang.

"Inilah yang coba diusulkan untuk Riau, setidaknya bisa kebagian 200 saja. Karena memang ini akan dibagi kepada seluruh Provinsi di Indonesia. Namun, usulan penambahan kita belum disetujui, mudah-mudahan nanti disetujui, " paparnya.

Dengan kembalinya kuota jamaah haji Riau, menurut dia tidak akan ada perubahan dari sisi pelayanan dan justru akan terus dilakukan peningkatan.

"Sama saja mulai dari embarkasi samapai ke Tanah Suci akan tetap dilakukan pelayanan maksimal dan mudah-mudahan tidak ada persoalan, "katanya.

Kepada seluruh jamaan dirinya juga menghimbau sudah bisa melakukan pengecekan nomor porsi di Kemenag kabupaten kota masing-masing calon jamaah. Karena memang pasti akan ada pergeseran nomor porsi atau antrian jamaah haji. Misalnya yang seharusnya berangkat tahun 2018 bisa saja berangkat haji tahun 2017 ini.

Halaman
12
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved