Breaking News:

Sepanjang 2016 Empat ASN Pemkab Pelalawan Diberhentikan

Sanksi itu dijatuhkan berdasarkan pelanggaran yang telah dilakukan pegawai yang bersangkutan.

Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun baru 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Johannes Tanjung

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan memberhentikan empat orang Aparatur Sipil Negara (ASN) sepanjang tahun 2016 silam. Pemecatan dilakukan karena beberapa alasan.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Pelalawan, Andi Yuliandri, kepada tribun Rabu (18/1) menjelaskan pemberhentian para ASN itu sudah sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. Sanksi itu dijatuhkan berdasarkan pelanggaran yang telah dilakukan pegawai yang bersangkutan.

"Kalau tahun 2015 lalu, ada tiga orang yang diberhentikan. Sedangkan tahun ini ada empat orang," terang Andi.

Ia mengatakan satu dari empat ASN itu diberhentikan karena melanggaran PP nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS. Dimana pegawai tersebut tidak pernah masuk kerja lagi. Menurut aturan jika seseorang tak masuk kerja selama 46 hari atau lebih maka hukumannya adalah diberhentikan. Tentunya BKP2D telah membuat teguran atau peringatan sebelum pemberhentian.

Sedangkan dua pegawai dipecat lantaran terlibat kasus pidana, dimana proses hukumnya telah memiliki kekuatan hukum tetap. Satu orang terlibat kasus tindak pidana narkotika dan satu lagi tersandung perkara percobaan pembunuhan kepala sekolah di Ukui. Surat pemberhentian dikeluarkan setelah proses hukumnya ingkrah.

"Satu lagi bukan karena pelanggaran. Tapi karena meninggal dunia. Namun tetap surat pemberhentiannya dikeluarkan," tambah Andi.(*)

Penulis: johanes
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved