Breaking News:

Nasri FE: Penerapan K3 Perusahaan di Pelalawan Sudah Cukup Baik

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pelalawan, Nasri FE mengatakan tingkat kecelakaan kerja di Pelalawan saat ini telah menurun di tahun 2016

Editor: harismanto
Foto/Istimewa
Pemenang reward bagi karyawan PT RAPP yang menerapkan k3 di tempat kerja berfoto bersama dengan manajemen PT RAPP. Tahun ini PT RAPP sendiri akan meningkatkan sistem reward dan punishment, tujuannya untuk mengapresiasi kepada pekerja yang selalu menerapkan k3 di tempat kerja mereka. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Pelalawan, Nasri FE mengatakan tingkat kecelakaan kerja di Pelalawan saat ini telah menurun di tahun 2016 lalu. Hal tersebut merupakan sesuatu yang baik karena perusahaan di Pelalawan telah menjunjung tinggi Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) bagi para pekerjanya.

Menurutnya, bidang ketenagakerjaan tidak terpisahkan dari pembangunan masyarakat yang mendukung program pemerintah. Program pemerintah ini terus didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan siap menjalankan pembangunan yang menjunjung tinggi K3.

Saat membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, M Hanif Dhakiri dalam rangka bulan K3 yang mengangkat tema “Dengan budaya K3 kita tingkatkan kualitas hidup manusia menuju masyarakat yang selamat, sehat dan produktif”, Nasri menyampaikan dalam undang-undang nomor 1 tahun 1970 tentang K3 tujuan K3 tidak hanya untuk perlindungan pekerja agar terjamin keselamatan mereka, tetapi juga mengendalikan terhadap peralatan aset produksi sehingga dikerjakan secara aman dan efisien.

Untuk itu, tugas semua pihak untuk berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

“Penerapan K3 perusahaan di Pelalawan, termasuk PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper-red) sudah cukup baik. Semua pihak harus mendukung dan menerapkan K3 di tempat kerjanya, termasuk para pekerja harus komit terhadap keselamatan dirinya sendiri sebagai pekerja,” ujarnya saat menjadi inspektur upacara dalam rangka peringatan bulan K3 nasional di PT RAPP, Senin (30/1/2017).

Direktur operasional PT RAPP, Mhd Ali Shabri mengatakan penerapan K3 di perusahaan sudah dilaksanakan dengan baik dan terus ditingkatkan setiap tahunnya. Sekarang perusahaan akan melihat apa saja yang harus diperbaiki, seperti tingkah laku dari pekerja, peralatan dan sebagainya. Tahun ini perusahaan sendiri akan meningkatkan sistem reward dan punishment, tujuannya untuk mengapresiasi kepada pekerja yang selalu menerapkan k3 di tempat kerja mereka.

“Selain menerapkan zero accident (tanpa kecelakaan kerja-red), perusahaan juga menerapkan no harm (tidak berbahaya-red). Saat ini perusahaan sudah menuju ke arah sana. Apalagi semua pekerja di PT RAPP terus diajak untuk peduli tentang keselamatan kerja,” ucapnya.

Sementara itu, dalam peringatan hari K3 sendiri, PT RAPP mengadakan berbagai kegiatan, seperti pemberian reward kepada mereka yang menerapkan budaya K3 di tempat kerja, pameran, seminar dan kompetisi K3 antar karyawan. Salah satu penerima reward, karyawan PT RPE, Rani Adhitia Sari mengaku bangga dengan prestasi yang telah ia raih. Ia merasa senang karena PT RAPP telah memiliki komitmen dan implementasi yang tinggi terhadap K3 di lingkungan kerja. (rls)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved