Pernah Alami Momen Memalukan? Ini Cara Mengatasinya

Momen memalukan seperti berbicara melewati batas, salah menyapa orang, atau terpeleset di tengah pesta biasanya datang tiba-tiba

Pernah Alami Momen Memalukan? Ini Cara Mengatasinya
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Momen memalukan seperti berbicara melewati batas, salah menyapa orang, atau terpeleset di tengah pesta biasanya datang tiba-tiba dan baru disadari setelah terjadi.

Pertanyaannya adalah bagaimana solusi terbaik untuk bangkit kembali dari momen memalukan tersebut?

Menurut dosen psikologi di John Jay College, Joshua W Clegg, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengakui situasi tersebut melalui humor dan tawa.

“Jika Anda memberikan respons yang menghindarinya, justru rasa canggung akan semakin terasa dan lama,” ujarnya.

Melalui humor dan tawa, Anda justru akan menyadari bahwa momen memalukan tersebut ternyata bukanlah sesuatu yang penting untuk diingat-ingat oleh Anda dan orang lain.

Dari sana, Anda dapat kembali bersosialisasi seperti biasa tanpa perlu mengingatkan lawan bicara mengenai kejadian tersebut.

Namun, jika Anda tetap merasa malu hingga keesokan harinya, maka pelajaran kedua adalah menerima bahwa kesalahan bisa terjadi kepada siapapun, termasuk diri Anda sendiri.

Seperti yang diungkapkan oleh psikolog di Harvard Medical School, Susan David, PhD, kepada Fast Company, bagian terpenting dari melewati rasa malu adalah melatih untuk mengasihi dan memaafkan diri sendiri.

“Ketika Anda menyadari bahwa Anda hanyalah manusia biasa yang tidak sempurna, seperti manusia lainnya, Anda akan mendapatkan izin untuk melepaskan rasa malu di masa lalu dan menerima usaha yang telah dilakukan,” ucapnya.

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved