VIDEO: Gubri Kukuhkan Satgas PTSL Riau Tahun 2017

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman secara resmi mengukuhkan satuan tugas (Satgas) kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Laporan reporter Tribunpekanbaru.com,Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman secara resmi mengukuhkan satuan tugas (Satgas) kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Provinsi Riau 2017 di Halaman Kantor Gubernur Riau, Senin (20/2/2017).

Satgas yang dikukuhkan ini diharapkan mampu menyelesaikan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Provinsi Riau 2017 yang telah ditargetkan sebanyak 125.000 bidang tanah.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman sepenuhnya mendukung apa yang menjadi target Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau. Terlebih target tersebut merupakan bagian dari target nasional untuk menyelesaikan 5 juta bidang tanah pada tahun 2017 se Indonesia.

"Jadi, Pemerintah Daerah mensuport kegiatan ini full. Yang penting bagaimana kita menyelesaikan masalah legalitas tanah masyarakat di Provinsi Riau karena ini sangat penting untuk kelanjutan masyarakat baik sebagai pemilik dan juga untuk peningkatan ekonomi, " jelas Gubernur Riau, pria yang akrab disapa Andi Rachman ini usai pengukuhan kepada Tribunpekanbaru.com

Menurut dia, berdasarkan laporan dan data yang ada masih banyak bidang tanah yang belum terselesaikan secara legalitas.

"Karena Riau menjadi yang pertama pelaksanaan pengukuhan ini tentu jangan sampai kalah dengan Provinsi lain dan itu yang paling penting. Tapi saya yakin dengan melihat semangat Kanwil ini sudah luar biasa dan sudah banyak inovasi yang dilakukan, " sambungnya.

Lebih jauh dikatakanya, dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) saya pikir mampu semua dan peralatan sudah lengkap dan memadai. "Tinggal bagaimana kita bersama-sama melaksanakan tugasnya, " katanya.

Berkenaan dengan akan dilakukanya penyelesaian target 75.000 bidang tanah dari APBD kabupaten/kota dan CSR (Corporate Social Responsibility), Gubernur juga menghimbau kepada perusahaan-perusahaan untuk ikut membantu menyukseskan target put nyelesaian Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Riau tahun 2017.

"Kan tidak ada salahnya perushahaan-perusahaan disekitar wilayah kerjanya membantu masyarakat melalui CSR nya untuk legalitas tanah ini. Karena ini juga merupakan program Pusat dan daerah," ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau, Lukman Hakim menuturkan, tujuan pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap untuk percepatan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah rakyat secara pasti, sederhana, cepat, aman, adil, merata dan terbuka secara akuntabel sehingga dapat meningkatkan kesejahtetaan dan kemakmuran rakyat.

"Target untuk Riau tahun ini harus menyelesaiakan 125.000 bidang. Dimana 50.000 bidang dibiayai melalui APBN dan sebanyak 75.000 ditargetkan pelaksanaanya melalui APBD kabupaten/kota dan CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan, " katanya.

Menurut dia, pengkuhan yang dilakukan di Roai ini merupakan pengukuhan pertama yang dilakukan untuk Indonesia. " Satgas ini sudah mulai bekerja, dengan adanya pengukuhan ini kami juga mengharapkan dukungan dan suport dan motivasi kepada satgas untuk lebih maksimal dan target ini cepat selesai. Kami akan melakikan terus evaluasi tinjauan terus secara berkala supaya terkontrol semuanya, " pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga turut hadir anggota DPD RI Istniawati Ayus. Dia juga mengapresiasi adanya pengukuhan satgas tersebut untuk mendukung dan mencapai target nasional.

"Inikan Riau menjadi pilot project, artinya Riau menjadi pilihan kalau sudah pilihan artinya prioritas dan ini perlu dibangun dengan komunikasi dan koordinasi yang bagus antara Pemda dengan Kementrian Badan Pertanahan itu sendiri. Saya melihat tidak semua Provinsi seperti ini dan yang jelas ini yang pertama dan diurut 1 di Riau dan dengan dikukuhkan oleh Gubernur setidaknya memberi suport kepada perangkat (Satgas) yang akan bekerja dilapangan. Kalau setiap personil setelah dilantik dan kemudian juga didukung oleh Gubernur itu semangat luar biasa dan saya sakin kerja itu lancar," pungkasnya. (*)

Penulis: Aan Ramdani
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved