Komisi IV Intip Dana Jaminan Reklamasi Galian C di Kampar

Ketua Komisi IV DPRD Kampar, Toni Hidayat mengaku tengah menelusuri sejauh mana kewajiban dana jaminan itu

Komisi IV Intip Dana Jaminan Reklamasi Galian C di Kampar
Tribunpekanbaru/Johanes
Galian C di Desa Makmur SP VI kecamatan Pangkalan Kerinci, tepat disebelah SMAN 2. Pengerukan tanah secara besar-besaran dilakukan ditempat ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Usaha penambangan golongan C (Galian C) harus memperhatikan pemulihan lokasi penggalian. Pengusaha Galian C diwajibkan menyiapkan dana jaminan reklamasi setelah habis masa operasinya.

Ketua Komisi IV DPRD Kampar, Toni Hidayat mengaku tengah menelusuri sejauh mana kewajiban dana jaminan itu diterapkan. Pihaknya sedang "mengintip" usaha Galian C yang sama sekali tidak menjalankan salah satu poin kewajiban tersebut.

"Saya sudah tanyakan kepada Dinas Lingkungan Hidup soal biaya recovery. Tapi belum ada jawaban. Kita masih nunggu datanya," ungkap Toni, Jumat (24/3/2017). Menurut dia, sejauh ini belum ada penjelasan dari pihak eksekutif terkait dana jaminan.

Toni menjelaskan, dana itu harusnya didepositokan ke rekening khusus. Sehingga pada saat masa beroperasi Galian C telah habis, Pemerintah bisa menggunakan dana yang telah tersimpan untuk mereklamasi lokasi tambang.

"Kita belum sampai ke sana. Nanti kita akan ke sana (mengungkap pelaksanaan dana jaminan reklamasi)," tandas Politisi Partai Demokrat ini. (*)

Penulis: Fernando Sihombing
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved