Breaking News:

Siswa Sempat Panik, Pelaksanaan UNBK di Pekanbaru Diwarnai Gangguan Jaringan

Gangguan jaringan yang terjadi saat pelaksanaan UNBK di SMA negeri 9 tersebut membuat siswa SMP negeri 4

Penulis: Syaiful Misgio | Editor:
TRIBUNPEKANBARU.COM/THEO RIZKY
Sejumlah murid SMPN 5 Pekanbaru tengah melakukan persiapan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di laboratorium komputer SMAN 1 Pekanbaru pada hari pertama, Selasa (2/5/2017). Terdaftar sebanyak 282 murid SMAN 5 mengikuti UNBK dengan tiga sesi ujian. Secara keseluruhan, ujian nasional untuk SMP di Kota Pekanbaru berlangsung lancar. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Laporan : Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP di Pekanbaru, Selasa (2/5) masih ditemukan sejumlah masalah. Seperti yang dialami siswa SMP Negeri 4 Pekanbaru. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 4 menumpang di SMA Negeri 9. Saat pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 9, siswa SMP Negeri 4 mendadak tidak bisa mengakses soal ujian. Kejadian ini saat siswa baru masuk ke dalam kelas diawal pertama UNBK. Yakni sekitar pukul 07.30 Wib.

"Setalah di cek ternyata ada trouble (masalah) pada jaringan, jadi soal UN itu tidak bisa diakses,"kata Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Mujailis Selasa (2/5).

Gangguan jaringan yang terjadi saat pelaksanaan UNBK di SMA negeri 9 tersebut membuat siswa SMP negeri 4 panik. Apalagi gangguan tersebut belangsung hampir satu jam. Beruntung gangguan jaringan tersebut bisa segera diatasi oleh teknisi yang ada disekolah tersebut. Setelah gangguan tersebut berhasil diatasi, siswa kemudian dipersilahkan untuk memulai melaksanakan UNBK.

"Akibat adanya gangguan jaringan tersebut kita terpaksa memerpenjang waktunya sampai lebih kurang satu jam,"katanya.

Perpanjangan waktu yang diberikan kepada siswa yang melaksanan UNBK diwaktu pertama tersebut berdampak terhadap jadwal shift kedua dan ketiga. Sebab pelaksanaan UNBK dalam satu hari dibagi menjadi tiga kelompok waktu. Yakni pukul 07.30 Wib, kemudian gelombang kedua 10.30 Wib dan gelombang ketiga pukul 14.00 Wib.

"Kalau shift pertama diperpanjanh waktunya otomatis berpangaruh ke jadwal shift kedua dan ketiga. Tapi semua bisa kita atasi dan semua berjalan lancar,"ujarnya.

Seperti diketahui, tidak kurang dari 16 ribu siswa SMP sederajat di Kota Pekanbaru akan melaksanakan UN SMP Selasa (2/5) hari ini. Belasan ribu siswa SMP tersebut tersebar di 121 sekolah negeri dan swasta. Rincianya 40 SMP Negeri dan 81 SMP Swasta. Dari 121 sekolah tersebut, 26 diantaranya akan melaksanakan UN dengan menggunakan komputer atau dikenal dengan sebutan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Rincianya 10 SMP negeri dan 16 SMP swasta. Tahun ini UNBK SMP masih menumpang di SMA dan SMK terdekat. Sebab SMP di Pekanbaru masih belum memiliki fasilitas yang mendukung untuk pelaksanaan UNBK.

Jika dibandingkan dengan UN sebelumnya, ada perbedaan waktu pelaksanaan. Dimana tahun ini UN berbasis kertas atau manual akan dimulai lebih lama dari biasa. Jika tahun-tahun sebelum ujian dimulai pukul 08.00 Wib, tahun UN SMP berbasis kertas akan dimulai pukul 10.30 Wib. Sementara untuk UN berbasis komputer tetap dimulai seperti biasa. Yakni pukul 07.30 Wib. Pelaksanaan UNBK harus dimulai lebih awal, karena akan dibagi menjadi tiga kali dalam sehari. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved