Breaking News:

BPJS Ketenagakerjaan Fokus Sosialisasi dan Edukasi Program Jaminan Pensiun pada 2017 di Riau

Budiono mengatakan program ini berdasarkan aturan wajib diikuti oleh para perusahaan untuk menjamin para

BPJS Ketenagakerjaan 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Ikhwanul Rubby

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - BPJS TK wilayah Riau, Sumbar dan Kepri fokus tingkatkan sosilisasi dan edukasi kepada para perusahaan tentang manfaat dan kewajiban ikut serta program Jaminan Pensiun

Kepala Wilayah BPJS TK Riau, Sumbar dan Kepri, Budiono beberpa waktu lalu mengatakan ditahun 2017 ini BPJS TK akan fokus mensosialisasikan dan mengedukasi program Jaminan Pensiun kepada perusahaan yang ada di Riau.

Budiono mengatakan program ini berdasarkan aturan wajib diikuti oleh para perusahaan untuk menjamin para pekerjanya.

"Setiap perusahaan yang memiliki aset Rp 500 miliar wajib untuk ikut program pensiun tersebut. Dengan ikut program ini sebenarnya perusahaan dan pekerja sangat diuntungkan," katanya.

Disampaikan jika perusahaan tidak ikut program ini berdasarkan peraturannya korporasi wajib membayarkan pensiun pekerja secara mandiri serta membayarkan sanksi berdasarkan aturan.

"Saat ini kami masih dalam tahap sosialisasi dan edukasi kepada perusahaan, belum menerapkan sanksi," tuturnya.

Budiono menyampaikan hingga saat ini dari total perusahaan besar di Riau yang memiliki aset diatas Rp 500 miliar masih banyak yang belum mengikuti program Jaminan Pensiun.

"Belum ikut ini banyak disebabkan ketidaktahuan dan tidak paham atas program tersebut. Maka itu edukasi dan sosialisasi kami tingkatkan lagi tahun ini," ujarnya.

Berdasarkan data BPJS TK, dari 3 ribu lebih perusahaan yang ada di Riau, hampir 40 persennya merupakan perusahaan yang memiliki aset diatas Rp 500 miliar dan wajib ikut program Jaminan Pensiun tersebut.

Disampaikan dari angka 40 persen tersebut baru 6 persen diantaranya yang ikut serta program tersebut.

Hingga April 2017 ini perusahaan yang sudah ikut serta dalam program ini, sudah 281 pekerja yang dibayarkan hak pensiunnya oleh BPJS TK senilai total santunan Rp 410.569.720,-.

Terkait jumlah klaim program lainnya yang telah dibayarkan BPJS TK di Provinsi Riau dijelaskan untuk Jaminan Kecelakaan Kerja hingga April 2017 BPJS TK di wilayah Riau telah membayarkan senilai Rp 16,3 miliar dengan total kasus yang dibayarkan santunan sebanyak 3.133 kasus. (*)

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved