Breaking News:

Komunitas Ners Payung Negeri Gelar Sosialisasi Terkait Masalah Kesehatan

Komunitas Profesi Ners dari Stikes Payung Negeri Pekanbaru, kerap menggelar kegiatan sosialisasi tentang kesehatan

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Muhammad Ridho
Tribun Pekanbaru/Hendri Gusmulyadi
Komunitas Profesi Ners dari Stikes Payung Negeri Pekanbaru, saat berada di Kelurahan Maharani, Kecamatan Rumbai dalam kegiatan Sosialisasi kesehatan belum lama ini. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komunitas Profesi Ners dari Stikes Payung Negeri Pekanbaru, kerap menggelar kegiatan sosialisasi tentang kesehatan terhadap masyarakat di berbagai kelurahan. Temuan tentang pola hidup yang tidak baik, banyak mereka jumpai dan tidak disikapi dengan bijak oleh masyarakat.

Baru-baru ini, Komunitas Profesi Ners Payung Negeri Pekanbaru, telah menggelar sosialisasi terkait masalah kesehatan di Masyarakat. Kelurahan yang menjadi pusat kegiatan mereka adalah Kelurahan Maharani, Kecamatan Rumbai.

Banyak sumber masalah yang ditemukan oleh rombongan Komunitas Profesi Ners ini. Seperti Kurangnya pengetahuan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, serta terbatasnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan fasilitas kesehatan.

"Kita juga menjumpai perilaku atau kebiasaan masyarakat merokok dalam rumah. Kemudian penggunaan jamban yang tidak sehat. Pada dasarnya, hal inilah yang menjadi sumber masalah kesehatan di Lingkungan kita," sebut Ketua Pelaksana Azfizul Falendra, Minggu (14/5/2017).

Menyikapi banyak masalah yang masih terdapat di Masyarakat pada saat sosialisasi di Kelurahan Maharani Rumbai, Komunitas Profesi Ners juga memberikan solusi agar masyarakat dapat menghilangkan pola hidup yang buruk, dan berubah kepada gaya hidup yang sehat.

Kata Azfizul, Adapun solusi yang mereka berikan saat itu yakni penyuluhan atau pendidikan kesehatan atas masalah yang ditemukan, analisa program kesehatan lingkungan, hingga pembentukan kader kesehatan di lingkungan setempat.

"Kader inilah yang akan melanjutkan tugas pemeliharaan kesehatan di kelurahan maharani ini. Tentu mudah-mudahan apa yang kita gelar bermanfaat baik bagi masyarakat," tuturnya.

Azfizul menambahkan, kegiatan sosialisasi kesehatan di masyarakat akan berlanjut ke Kelurahan lainnya yang ada di Pekanbaru. Mereka menargetkan pada bulan ramadan nanti, Komunitas Profesi Ners Stikes Payung Negeri Pekanbaru, dapat menyambangi kelurahan lainnya.

"Kita masih program. Dan mudah-mudahan bisa terlaksana," tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved